Kejar Herd Immunity, 1.200 Warga di Delapan Kecamatan Disuntik Vaksin

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Polres Metro Bekasi menggelar kegiatan vaksinasi massal serentak di delapan kecamatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan itu dilakukan guna mempercepat pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 agar segera tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok.

Bacaan Lainnya

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan mengatakan kegiatan vaksinasi massal digelar di delapan kecamatan wilayah Kabupaten Bekasi.

Vaksinasi massal ini dalam rangka kegiatan bakti kesehatan bhayangkara untuk negeri, serta untuk membantu upaya pemerintah dalam mempercepat pelaksanaan program vaksinasi agar 70 persen penduduk Indonesia divaksin sehingga mencapai herd immunity.

“Kegiatan ini serentak dilakukan di seluruh polres Polda Metro Jaya. Di wilayah hukum Polres Metro Bekasi ada delapan lokasi. Tiap titik ditargetkan 150 orang, dan semua mencapai taget sehingga total ada 1.200 warga divaksin,” kata Hendra, di Cikarang pada Senin (14/6/2021).

Hendra menjelaskan dalam vaksinasi massal ini menggunakan vaksin AstraZeneca. Kegiatan ini digelar ini gratis untuk masyarakat umum berusia diatas 18 tahun dan lolos pemeriksaan kesehatan.

Adapun delapan titik lokasi vaksinasi massal ity tersebar di RW 05 Perumahan Telaga Murni, Desa Telaga Murni, Gudang Ekspedisi Argo Pantes MM2100 Desa Ganda Mekar Kecamatan Cikarang Barat.

Lalu, RW 18 Perumahan Regensi Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, RW 08 Perumahan Graha Asri Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur, RT 01 RW 09 Perumahan Griya Hagar Asri Desa Hagarmukti Kecamatan Cikarang Pusat.

Selanjutnya, RW 08 Perum Taman Seruni Desa Mekarmukti Kecamatan Cikarang Utara, RW 08 Desa Sukasejati, Kecamatan Cikarang Selatan dan Dariza Sport Club Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan.

“Jadi semua masyarakat umum boleh, tidak mesti khusus lansia dan sebagainya. Yang dikecualikan pekerja yang sudah terdaftar program vaksinasi gotong royong,” kata dia.

Hendra menambahkan kegiatan vaksinasi massal ini akan kembali dijadwalkan untuk digelar disejumlah lokasi berbeda.

Ditegaskan, vaksinasi ini sangat diperlukan masyarakat agar memiliki imunitas yang cukup untuk mencegah terpapar Covid-19 dan apabila terpapar Covid-19 juga dapat mencegah mengalami keadaan buruk.

“Utamanya agar terciptanya herd immunity atau kekebalan imunitas. Diharapkan ini akan meringankan tugas Satgas Covid dalam menanggulangi Covid-19,” tandasnya. (BC)

Pos terkait