Kasus ISPA di Kabupaten Bekasi Alami Tren Penurunan

Ilustrasi
Ilustrasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi menyatakan kasus penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di daerah itu tercatat mengalami tren penurunan dalam tiga bulan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah mengatakan ada pada tahun ini ada 12.995 kasus  ISPA selama bulan Mei. Jumlah kasusnya turun menjadi 8.945 kasus pada bulan Juni serta 7.803 kasus pada bulan Juli.

Bacaan Lainnya

“Artinya dalam tiga bulan terakhir itu belum ada tren yang meningkat  kasus ISPA dampak dari polusi udara maupun fenomena el nino di Kabupaten Bekasi, malah terjadi penurunan,” kata dr Alamsyah, Selasa (05/09).

Angka tersebut, sambungnya merupakan hasil akumulatif dari empat kelompok umur yakni 0-5 tahun, 5-9 tahun, 9 -60 tahun dan kelompok 60 tahun ke atas. “Untuk Agustus belum selesai direkap. Nanti akan kita lihat,” kata dia.

Alamsyah menjelaskan penyakit ISPA disebarkan melalui udara. Pasien yang menderita sakit ini biasanya bergejala batuk dan pilek disertai demam. Penyakit ini mudah menular dan dapat dialami siapa saja, termasuk anak-anak serta lanjut usia.

Pos terkait