Kabupaten Bekasi Bangun Kampung KB di Tahun 2018

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Encep S. Jaya
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Encep S. Jaya

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membuat Kampung Keluarga Berencana (KB). Kampung KB itu tersebar di 23 Kecamatan dengan jumlah 6 Kampung KB per Kecamatannya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Encep S. Jaya mengatakan pembuatan Kampung KB itu akan dilakukan secara bertahap di tahun 2018 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Kampung KB dikembangkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat, khususnya mereka yang berada di wilayah pinggiran, miskin, padat penduduk, tertinggal dan terpencil yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi,” kata Encep S. Jaya, Kamis (30/11).

Encep menambahkan kampung KB dikembangkan sebagai strategis untuk mendukung Nawa Cita  yang merupakan prioritas pembangunan nasional, khususnya Nawa Cita ke-3 dan ke-5. Dimana, Nawa Cita  ke-3 yaitu membangun Indonesia dari kerangka NKRI sedangkan Nawa Cita ke-5 adalah meningkatkan kualitas hidup seluruh masyarkat Indonesia.

“Karena pada prinsipnya KB itu bukan semata-mata hanya soal mengatur jumlah anak tetapi juga merencanakan hal positif bagi keluarga sehingga terciptanya keluarga kecil bahagia dan sejahtara,” ucapnya.

Adapun anggaran yang dibutuhkan oleh pihaknya untuk pembuatan satu Kampung KB adalah sekitar Rp. 150 juta. “Dan dalam pembangunannnya kita tidak sendiri, tetapi secara bersama-sama dengan SKPD lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat,”  ucapnya.

Program kerjasama antar SKPD ini, sambungnya, dilakukan atas dasar Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi dan telah ditandatangani Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin. “Pembangunan Kampung KB secara bersama-sama ini menjadi yang pertama di Indonesia menurut BKKBN Jawa Barat,” kata Encep.

Pihaknya pun mengaku akan terus menjalin komunikasi antar SKPD agar tujuan dari Kampung KB ini dapat terwujud. “Kita akan terus melakukan koordinasi dengan SKPD lainnya agar tujuan dari Kampung KB ini dapat terwujud sesuai dengan instruksi Ibu Bupati,” kata dia. (ADV)

Pos terkait