Perwakilan dari PT YMI saat memberikan bantuan 8 unit komputer, serta pelatihan pendampingan progam Digitisasi Menuju Desa Cakap Digital bagi masyarakat desa. Cikedokan melalui Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Kamis (07/10).
Perwakilan dari PT YMI saat memberikan bantuan 8 unit komputer, serta pelatihan pendampingan progam Digitisasi Menuju Desa Cakap Digital bagi masyarakat desa. Cikedokan melalui Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Kamis (07/10).

Desa Cikedokan Jadi Percontohan Desa se-Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat meluncurkan Progam Digitisasi Menuju Desa Cakap Digital, yang merupakan hasil kerja sama Corporate Social Responsibility (CSR) dengan PT. Yutaka Manufacturing Indonesia (PT. YMI).

Pj. Bupati Dani mengapresiasi Kepala Desa Cikedokan dan jajarannya karena telah memberikan inovasi dengan mendigitisasi seluruh aspek desanya, baik dari administrasi pemerintahan, administrasi kependudukan, sampai perekonomiannya. Ia ingin Desa Cikedokan dapat menjadi percontohan untuk desa-desa lainnya di Kabupaten Bekasi.

“Ini suatu hal yang menggembirakan dengan adanya launching digitisasi di Desa Cikedokan. Saya kira desa-desa di Kabupaten Bekasi sudah saatnya mendigitisasi seluruh aspeknya di dalamnya. Mudah-mudahan ini bisa jadi model untuk desa lainnya,” ucapnya, saat menghadiri peluncuran Program Digitisasi Menuju Desa Cakap Digital di Taman Saung Angklung Cikedokan, Cikarang Barat, Kamis (07/10).

Melihat banyaknya sektor industri di Kabupaten Bekasi, dirinya berharap program CSR dari PT. YMI tersebut dapat mendorong para pelaku industri untuk dapat mengembangkan desa-desa lainnya. Hal tersebut dikarenakan Pemkab Bekasi memiliki keterbatasan anggaran dalam melakukan pembangunan di desa.

“Kami bersyukur ada PT. Yutaka Manufacturing Indonesia yang membantu desa untuk mendorong digitisasi. Karena disini industrinya sangat banyak, saya berharap perusahaan lain bisa ikut tergerak, jadi hal-hal yang tidak bisa kami akses karena keterbatasan anggaran ini bisa diisi melalui CSR perusahaan,” harapnya.

Selain itu, Pemkab Bekasi turut memberikan penghargaan kepada PT. YMI karena telah memberikan kontribusi besar melalui progam CSR di berbagai bidang sejak tahun 2018.

“Sudah sangat layak kami berikan penghargaan kepada PT. Yutaka Manufacturing Indonesia karena ternyata sejak 2018 sudah banyak memberikan kontribusi di berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, dan hari ini administrasi pemerintahan,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur PT. YMI, Romi Mario Prihananto, berharap program digitisasi ini dapat mempermudah jajaran Desa Cikedokan dalam memberikan pelayanan publik, serta dapat membantu memanfaatkan teknologi informasi secara lebih produktif lagi.

“Desa Cikedokan merupakan desa binaan kami. Diharapkan dengan digitisasi tersebut, dapat memudahkan pemerintah dalam memberikan pelayanan publik untuk warga, selain itu juga dapat membantu sumber daya manusia disini untuk pemanfaatan teknologi digital secara lebih produktif,” terangnya.

Untuk diketahui, Program Digitisasi Desa merupakan salah satu program CSR unggulan Kampung Berseri Astra (KBA) di Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat. Program yang akan berjalan selama 3 tahun ini nantinya akan mengubah proses yang tadinya masih dilakukan secara analog menjadi digital, seperti proses integrasi data kependudukan desa, pembuatan website promosi produk usaha, serta pembuatan website promosi destinasi wisata. Untuk mendukung hal tersebut, PT. YMI turut memberikan bantuan 8 unit komputer, serta pelatihan pendampingan progam kepada masyarakat desa.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Kepala Bappeda Dedi Supriyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Ani Gustini, Camat Cikarang Barat Doddy Gandi, Kepala Desa Cikedokan Gorin Santoso, serta Direktur PT. Yutaka Manufacturing Indonesia Romi Mario Prihananto.  (Ist)