ATM Beras Pertama untuk Kaum Dhuafa Hadir di Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Untuk pertama kali di Cikarang, Masjid Besar Al Mukarromah yang terletak di Jl. RE Martadinata, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara punya Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Beras sebagai sarana untuk menyalurkan beras gratis untuk kaum dhuafa.

Salah seorang pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Besar Al-Mukarromah, Masruri mengatakan ATM Beras tersebut dapat menampung 200 liter beras yang diperoleh dari sumbangan para donatur.

“Cara kerja mesin ATM beras sangat sederhana, yaitu warga yang mempunyai kartu ATM beras hanya cukup menempelkan kartu ke tempat yang disediakan. Setelah itu beras langsung keluar dari mesin,” kata Masruri, Selasa (20/04).

Menurutnya, keberadaan ATM Beras ini memudahkan pengurus DKM untuk menyalurkan beras bagi warga kurang mampu yang tinggal di sekitar masjid.

“Sejak beroperasi awal Februari 2021 lalu, ATM beras sudah dimanfaatkan oleh 50-an warga dhuafa yang sebelumnya sudah terdaftar. Setiap sebulan dua kali, warga dapat menerima 4 liter beras yang diperoleh dari dua kali pengambilan yaitu setiap Hari Jumat,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, adanya ATM Beras ini dapat menjadi contoh bagi masjid-masjid lainnya yang ada di Cikarang untuk membantu dan meringankan warga yang kurang mampu di sekitar lingkungan masjid.

“Setiap warga dhuafa dijatah per bulan 8 liter, tapi kami bagi menjadi dua kali pengambilan yang dilakukan setiap Jumat pertama dan Jumat ketiga. Tujuannya dilakukan dua kali agar warga pergi ke masjid lagi,” Kata Masruri. (BC)

Pos terkait