Warning Buat Penjahat! Satkamling di Kabupaten Bekasi Kembali Diaktifkan

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Twedy Adytia Bennyahdi berharap Satkamling mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif di Kabupaten Bekasi.
Kapolres Metro Bekasi, Kombes Twedy Adytia Bennyahdi berharap Satkamling mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif di Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Polres Metro Bekasi kembali mengaktifkan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di setiap RT/RW di Kabupaten Bekasi. Satkamling merupakan upaya kolaborasi antara polisi dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

BACA: Warga Kabupaten Bekasi Diminta Lapor RT/RW Sebelum Tinggalkan Rumah untuk Mudik

Bacaan Lainnya

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Twedy Adytia Bennyahdi menjelaskan bahwa Satuan Keamanan Lingkungan merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT maupun RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

“Berdasarkan data Satkamling yang telah divalidasi oleh Korbinmas Baharkam Polri pada awal tahun 2023 menunjukkan bahwa terdapat total 230.028 Pos Satkamling yang ada, namun hanya 60% yang aktif,” ungkapnya saat memimpin apel Ketua Satuan Keamanan Keliling (Kasatkamling) yang digelar di Lapangan Promoter Polres Metro Bekasi, Rabu (21/06).

Untuk itu, pihaknya mengajak kepada seluruh masyarakat serta stakeholder terkait untuk melakukan upaya revitalisasi Satuan Keamanan Lingkungan, dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali Satkamling yang ada di lingkungannya masing-masing, maupun membentuk Satuan Keamanan Lingkungan baru sesuai target yang telah disepakati bersama.

“Tadi disampaikan masih ada yang tidak aktif dari sekian banyak yang sudah didirikan pos satkamlingnya. Padahal dengan adanya Satkamling ini dapat menciptakan rasa aman, nyaman dan bisa menciptakan silaturahmi dan kerukunan antar warga,” kata dia.

Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan menyambut baik upaya jajaran Polri untuk merevitalisasi atau memberdayakan kembali keberadaan Satuan Keamanan Lingkungan di wilayah Kabupaten Bekasi. “Keberadaan satkamling ini adalah bukti untuk memperkuat jati diri bangsa dimana keamanan, dan ketertiban adalah tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Bekasi, pihaknya juga akan menginstruksikan para Camat dan Kepala Desa agar merevitalisasi kembali Satuan Keamanan Lingkungan di lingkungan RT, RW pada setiap Kelurahan dan Desa.

Selain itu, ia juga akan mengikutsertakan Satkamling ini pada lomba Kampung Makin Berani Bersih yang akan diadakan di Hari Jadi Kabupaten Bekasi. Dimana salah satu komponen lomba Kampung Makin Berani Bersih adalah terkait ketertiban dan keamanan lingkungan.

“Sehingga nanti aspek keberadaan Satkamling yang aktif ini akan menjadi poin tambahan dan ada penghargaan khusus,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait