Warga Kabupaten Bekasi Diminta Lapor RT/RW Sebelum Tinggalkan Rumah untuk Mudik

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Seiring semakin meningkatkan jumlah masyarakat yang meninggalkan Jabodetabek di musim mudik kali ini, kawasan permukiman warga akan semakin sepi menjelang Lebaran 2022.

Guna mengantisipasi aksi pencurian rumah kosong, Kapolres Metro Bekasi Kombes Gideon Arif Setyawan meminta agar masyarakat meningkatkan koordinasi kewilayahan antar RT dan RW.

Bacaan Lainnya

“Persoalannya adalah, upaya pengamanan dari komunitas harus ditingkatkan,” ucap Gideon, Kamis (28/04).

Dirinya mengaku mendapatkan instruksi dari Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk melakukan dua hal di musim mudik lebaran kali ini.

“Tugas kami ada dua sesuai dengan arahan Pak Kapolda. Pertama pengamanan arus mudik beserta pengamanan di masing-masing wilayah hukum,” ungkapnya

Oleh sebab itu, ia mengharapkan agar pemudik melaporkan kepergiannya kepada pengurus RT atau RW sehingga penjagaan di wilayah yang dilakukan oleh petugas kemanan atau sekuriti bisa dipantau.

“Misalkan di perumahan, yaitu harus mengerti siapa warga yang lagi mudik, kawasan atau perumahan lebih diantisipasi lagi,” katanya.

Gideon juga mengingatkan agar pemudik memutuskan koneksi antara selang dan tabung gas serta mencabut staker listrik untuk mengantisipasi kebakaran. Rumah juga harus ditutup menggunakan kunci ganda.

“Terakhir, pastikan mudik dalam kondisi sehat, baik pengendara maupun kendaraannya,” tutur Gideon. (riz)

Pos terkait