Usai Libur Natal dan Tahun Baru, Pekerjaan Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated Dilanjutkan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Pasca libur Natal 2018 dan tahun baru 2019, pembangunan sejumlah proyek infrastruktur yang sebelumnya sempat terhenti, kini dilanjutkan. Salah satunya adalah Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.

Hingga 4 Januari 2019, pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated telah mencapai 62%. Demikian disampaikan Direktur Utama PT. Jasamarga Jalan Layang Cikampek, Joko Driyono.

“Saat ini proyek masih fokus melakukan pekerjaan pengangkatan Steel Box Girder (SBG) dengan sisa pekerjaan kurang-lebih 1.200 buah dan pengecoran slab (badan jalan),” kata Joko Driyono, Selasa (08/01).

Diketahui, PT JJC merupakan kelompok usaha PT Jasa Marga Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated. Jalan tol layang sepanjang 36,4 km ini dibangun untuk mengatasi volume lalu lintas yang telah melebihi kapasitas pada Jalan Tol Japek eksisting. Jalan Tol Japek eksisting sendiri tepat berada di bawah Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated.

Sebelumnya, pembangunan Jalan Tol Jakarta Cikampek Elevated sempat dilakukan pembatasan pekerjaan major item (pengangkatan SBG dan pengecoran slab) beberapa saat demi kelancaran lalu lintas pada libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang baru saja usai.

Sesuai Surat Pemberitahuan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang menindaklanjuti Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.PM 115 Tahun 2018, pembangunan Jalan Tol Japek II (Elevated) dihentikan sementara pada tanggal 21, 22, 25, 28, 29 Desember 2018, dan 1 Januari 2019.

“Kini, kami fokus untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik lagi, memperhatikan keselamatan konstruksi, pemakai jalan, dan lebih meningkatkan traffic management dalam pelaksanaan konstruksi untuk seminimal mungkin mengganggu kelancaran lalu lintas,” tegas Djoko.

Adapun waktu pengerjaan proyek kontruksi akan dilakukan pada waktu window time yaitu antara pukul 22.00 – 05.00 WIB. Oleh karenanya, Jasa Marga menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengatur waktu perjalanan dan antisipasi kepadatan lalu lintas yang ditimbulkan dalam pengerjaan proyek jalan tol ini. (BC)

Baca Juga

Kondisi jalan putaran arah menuju Pintu Tol Cikarang Barat, tepatnya di Kp. Pasir Konci, RT 17/06 Desa Pasir Sari, Kecamatan Cikarang Selatan yang rusak parah, Selasa (12/03).

Jalan Menuju Putaran Arah Pintu Tol Cikarang Barat Seperti Kubangan Kerbau, Warga Minta Diperbaiki

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Jalan putaran arah menuju Pintu Tol Cikarang Barat, tepatnya di Kp. …

93.600 Kendaraan Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – PT Jasa Marga mencatat sudah 93.600 kendaraan yang meninggalkan Jakarta melewati …