Ratusan Ponsel Hasil Razia di Lapas Cikarang Dimusnahkan

Pemusnahan Barang Bukti (BB) hasil razia di Lapas Cikarang, Jum'at (21/09)
Pemusnahan Barang Bukti (BB) hasil razia di Lapas Cikarang, Jum'at (21/09)

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang memusnahkan barang-barang terlarang yang disimpan oleh para napi. Barang-barang seperti ponsel, headset hingga powerbank dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta menjelaskan barang yang dimusnahkan terdiri dari telepon seluler (Ponsel) sebanyak 200 unit, headset 120 unit, powerbank 98 unit, charger 125 unit, kabel listrik 27 unit serta terdapat pula senjata tajam yang dibuat dari sikat gigi sebanyak 30 buah.

Bacaan Lainnya

“Barang-barang terlarang ini ditemukan dari hasil pemeriksaan dan penggeledahan petugas selama 6 bulan terakhir. Ini hasil dari razia yang kami lakukan rutin sebanyak 4 sampai 5 kali seminggu,”  kata Kadek Anton Budiharta, Jum’at (21/09).

Peredaran ponsel di dalam Lapas diakuinya sampai saat ini menjadi perhatian penuh pihaknya. Pasalnya keberadaan ponsel ini dapat menimbulkan dampak yang tidak diinginkan seperti mengendalikan peredaran narkoba dan lain sebagainya. “Maka dari itu, kami lakukan pembersihan dengan razia rutin,” ucapnya.

Kadek menambahkan, dari hasil razia, diketahui terdapat sejumlah pintu masuk barang yang dilarang seperti diselundupkan oleh pengunjung, ada permainan oknum petugas hingga dari barang logistik yang masuk.

“Ini sedang kami selidiki lebih lanjut. Ada potensi juga dari barang industri yang masuk atau bahkan dari petugas padahal kami sudah lakukan pengawasan ketat, baik dari pengunjung bahkan petugas, agar tidak ada barang yang masuk,” kata dia. (BC)

Pos terkait