Pusaka Bhagasasi, Varietas Padi Unggulan Kabupaten Bekasi yang Tahan Serangan Hama

Ilustrasi
Ilustrasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Kabupaten Bekasi akan memiliki varietas padi unggulan yang diberi nama Pusaka Bhagasasi. Dalam waktu dekat, padi yang memiliki keunggulan tahan dari serangan hama itu akan didaftarkan ke Kementrian Pertanian RI untuk mendapatkan sertifikat legal sebagai padi khas Kabupaten Bekasi.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bekasi, Entah Ismanto mengatakan padi ini telah dilestarikan petani asal Kedungwaringin dan memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya mampu menyesuaikan dengan kondisi lahan dan juga taha terhadap serangan hama.

Bacaan Lainnya

“Padi ini sedang diobservasi oleh Balai Pertanian sebagai syarat untuk didaftarakan ke Kementrian Pertanianan, para penelitinya juga doktor, professor, jadi tidak sembarangan,” kata Entah.

Dengan didaftarkannya varietas padi unggulan Kabupaten Bekasi ini ke Departemen Pertanian, diirinya berharap budidaya pertanian di Kabupaten Bekasi semakin meningkat dan dapat menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai lumbung padi Jawa Barat.

“Apalagi Kabupaten Bekasi masih memiliki luas lahan sawah sebanyak 38 ribu hektar. Jadi dengan adanya bibit unggul ini dapat memberdayaan para petani juga meningkat produktifitasnya,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, Pemkab Bekasi juga akan menyiapkan infrastruktur pertanian seperti saluran primer, sekunder dan tersier sampai saluran cacingnya serta menyiapkan danau buatan yang mendukung proses kegiatan pertanian di Kabupaten Bekasi.

“Di kita juga ada daau buatan di wilayah Bekasi Utara itu untuk mensupport penerapan bibit padi varietas unggul ini, sehingga mendorong kesejahteraan para petani kita,” tambahnya.

Entah menambahkan, keberadaan varietas padi Pusaka Bhagasasi ini kedepan dapat mengundang para investor untuk menanamkan modalnya guna pengembangan bisnis pertaninan di Kabupaten Bekasi. (riz)

Pos terkait