Kampanye Gerakan #HidrasiMulaiHariIni di Cikarang Timur, Masyarakat Diingatkan Kurangi Minuman Manis

Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University dan Puskesmas Cipayung melakukan kampanye gerakan #HidrasiMulaiHariIni bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.
Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University dan Puskesmas Cipayung melakukan kampanye gerakan #HidrasiMulaiHariIni bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR  –  Konsumsi minuman manis masih menjadi kegemaran masyarakat Indonesia, meski kekhawatiran terhadap risiko penyakit akibat berlebihan mengonsumsi minuman manis, terbilang tinggi.  Atas dasar itu, Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University berkolaborasi dengan Puskesmas Cipayung melakukan gerakan #HidrasiMulaiHariIni di wilayah Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

BACA: Petugas Sorlip Surat Suara Pemilu Diimbau untuk Terhidrasi dan Jaga Stamina Tubuh

Bacaan Lainnya

“Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan dorongan bagi masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air putih yang cukup. Masyarakat diimbau untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi minuman manis dengan kandungan gula terlalu banyak untuk menghindari risiko berbagai penyakit, salah satunya diabetes melitus,” kata Nadya Azzahra, perwakilan Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University, Minggu (10/03).

Sebagai langkah awal gerakan #HidrasiMulaiHariIni, Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University dan Puskesmas Cipayung telah menggelar pra event yang terdiri dari rangkaian kegiatan seperti senam bersama, cek  gula darah dan seminar kesehatan yang menargetkan masyarakat sekitar Puskesmas Cipayung.

Sepanjang kegiatan, puluhan peserta yang sebagian besar adalah Ibu-ibu dan lansia menunjukkan semangat yang luar biasa dan berpartisipasi aktif dalam mengikuti senam prolanis yang diadakan. Usai melakukan kegiatan senam, acara berlanjut ke sesi penyuluhan yang dipimpin oleh dr. Krisni Sulistiowati.

“Sesuai tujuan utama gerakan #HidrasiMulaiHariIni, fokus utama dari penyuluhan ini adalah membahas pentingnya minum air putih dan potensi risiko yang timbul dari konsumsi minuman manis berlebihan,” ungkapnya.

Sementara itu dalam paparannya, dr. Krisni Sulistiowati secara rinci menjelaskan seberapa banyak air yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari serta manfaatnya bagi kesehatan dan sistem kerja tubuh.

“Tubuh kita komposisinya terdiri dari 70% cairan. Sehingga jika kita kekurangan cairan, maka kita akan kekurangan asupan darah yang mengakibatkan kita mudah kelelahan dan kehilangan konsentrasi. Oleh karena itu, mengonsumsi air sangatlah penting karena mempengaruhi kinerja tubuh kita dalam beraktivitas sehari-hari,” jelasnya.

Para peserta juga diberikan ruang untuk bertanya atau menjawab seputar topik yang disampaikan. Suasana semakin seru ketika para peserta mulai berpartisipasi secara aktif, terutama dengan adanya doorprize yang akan diberikan kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

Di akhir acara, peserta pun diperbolehkan untuk melakukan cek kadar gula darah secara gratis sebagai upaya mendeteksi dini penyakit diabetes dan membantu dalam memantau atau mengelola kadar gula darah agar tidak komplikasi. (dim/**)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait