Kabupaten Bekasi Siapkan 12 Ribu Swab Test PCR Cegah Klaster Industri

Swab test PCR di wilayah Keluarahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.
Swab test PCR di wilayah Keluarahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Kabupaten Bekasi kembali mengalami lonjakan kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. Mayoritas lonjakan terjadi pada klaster industri yang menyumbang 60 persen atau sekitar 3.000 kasus positif.

Mengantisipasi hal ini, pemerintah daerah melalui Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, berencana melakukan tes swab massal. Ada 12.000 tes swab yang akan diprioritaskan untuk sektor industri, yakni karyawan pabrik dan mereka yang melakukan kontak erat dengan pasien positif.

Bacaan Lainnya

“Di tahap pertama kami akan lakukan 12.000 tes swab massal selama 12 hari ke depan, dengan per harinya sebanyak 1.000 orang,” kata Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan.

Dengan adanya giat swab massal, kata dia, diharapkan dapat mendeteksi dini orang-orang yang terinfeksi virus Covid-19, sehingga bisa lebih cepat tertangani.

Gugus tugas juga akan menambah kapasitas kamar di lokasi karantina terpusat, di Wisma Dirgantara, Cikarang Utara, untuk menampung para pasien Covid-19. Kamar yang awalnya berjumlah 60, akan ditambah menjadi 500 kamar, dengan daya tampung sebanyak kurang lebih 1.000 pasien.

“Kamar di Wisma Dirgantara akan dibuat senyaman mungkin untuk pasien, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang kebutuhan, termasuk internet,” tandasnya. (BC)

Pos terkait