Pemkab Bekasi Pacu Produksi Kacang Tanah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi terus mendorong para petani mengembangkan dan meningkatkan produksi komoditas pertanian, salah satunya kacang tanah di musim kemarau.

Kasi Produksi Tanaman Pangan Dalam pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dodo mengatakan salah upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan menyediakan bibit unggul untuk meningkatkan produksi.

“Tahun ini kita telah memberikan bibit kacang tanah sebanyak 3.600 kg untuk luas area 10 hektar,” kata Dodo, Selasa (12/01).

Menurutnya, budidaya kacang tanah sejalan dengan program pemerintahan pusat yang sekarang berupaya untuk meningkatkan luas areal untuk penanaman kacang tanah.

“Untuk tahun 2021 nanti kami akan ajukan (bibit kacang tanah-red) untuk 100 hektar di wilayah Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Dodo menambahkan sejauh ini, pihaknya fokus di wilayah Bojongmangu sebagai pilot project pengembangan budidaya tanam kacang tanah. “Kalau ini berhasil, kita akan kembangkan ke wilayah yang lain,” ungkapnya.

Mengacu pada kondisi geografis, areal pertanian di wilayah Kecamatan Bojongmangu sebagian besar tadah hujan sehingga padi hanya bisa ditanam pada musim hujan. Sedangkan di musim kemarau, pihaknya mendorong petani untuk menanam tanaman yang tidak banyak membutuhkan air seperti kacang-kacangan.

“Maka dari itu, sambil menunggu musim penghujan kita mengupayakan agar kegiatan budidaya terus berjalan, salah satunya dengan pengembangan budidaya palawija ini untuk meningkatkan pendapatan sekaligus ada aktivitas budidaya sambil menunggu tanam padi berikutnya ,” kata dia. (BC)

Pos terkait