Kabupaten Bekasi Kampanye Cegah HIV/AIDS

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  –  Bertepatan pada peringatan Hari AIDS Dunia yang jatuh pada Selasa 1 Desember 2020, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Komisi Penanggulangan AIDS (KPAids) Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan bagi-bagi selebaran, pita merah dan masker kepada pengemudi mobil dan sepeda motor.

Sekretaris KPAids Kabupaten Bekasi, Bennie Y Iskandar mengatakan kampanye pencegahan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan di dua lokasi berbeda yakni di traffic light SGC dan Pasir Gombong.

Bacaan Lainnya

“Selain melakukan aksi simpatik dengan turun ke jalan, kita juga melakukan pemeriksaan tes HIV bagi ibu hamil di seluruh Puskesmas,” tuturnya, Selasa (01/12).

Kampanye pencegahan HIV/AIDS ini didukung oleh sejumlah organisasi, sekolah dan masyarakat. “Keterlibatan masyarakat, kader, tim penggerak PKK, mahasiswa dan lain sebagainya sangat penting dalam penanggulangan dan pencegahan HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Bennie menjelaskan berdasarkan data jumlah kasus HIV di Kabupaten Bekasi sampai Mei 2020 tercatat sebanyak 1.842 kasus, sedangkan kasus AIDS sebanyak 157 kasus.

“Sejauh ini kasus-kasus tersebut sudah tertangani dengan baik karena sudah banyak Puskesmas di Kabupaten Bekasi yang melayani test HIV dan layanan yang disiapkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD),” kata dia.

Dari jumlah tersebut, kasus yang marak terjadi menimpa kalangan ibu rumah tangga. “Saat ini kasus yang masih marak terjadi di kalangan ibu rumah tangga, yang mungkin tertular dari suaminya,” ujarnya.

Karena itu, pihaknya berencana ke depan akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama dimana pasangan yang akan melakukan pernikahan harus dites dulu untuk mencegah penularan HIV-AIDS di Kabupaten Bekasi. (***)

Pos terkait