Orang-orangan sawah yang dibuat oleh warga di Kp. Kobak Bitung RT 03/01 Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 66,
Orang-orangan sawah yang dibuat oleh warga di Kp. Kobak Bitung RT 03/01 Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 66,

Jelang HUT Kemerdekaan RI, Orang-Orangan Sawah Hiasi Rumah Warga

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Perayaan peringatan proklamasi kemerdekaan tinggal beberapa jam lagi. Antusiasme warga menyambut hari besar nasional itu pun bermunculan seperti dengan memasang atribut bendera dan hiasan berwarna merah putih.

Uniknya, sejumlah warga seperti di Kp. Kobak Bitung RT 03/01 Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, membuat kreasi unik seperti membuat orang-orangan sawah sebagai kreativitas dekorasi menjelang HUT Kemerdekaan RI Ke 71 yang jatuh pada Rabu, 17 Agustus 2016.

Di Kp. Kobak Bitung sendiri terdapat kurang lebih 21 lokasi orang-orangan sawah dengan beraneka macam karakter seperti pejuang, anak sekolah, pembalap dan lain sebagainya. Orang-orangan sawah itu dibuat atas inisiatif warga dan dipajang di sepanjang jalan baik di halaman rumah atau di depan pintu masuk gang.

Fahmi (34), salah seorang warga mengaku membuat dua orang-orangan sawah dengan karakter berbeda yaitu pembalap motor dan pembalap sepeda. Ia sengaja membuat orang-orangan sawah untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 71. “Nggak ada alesan lain sih, cuma untuk memeriahkan aja,” kata dia, Selasa (16/08).

Untuk proses pembuatannya, ia mengaku sudah sudah menyelesaikannya sejak empat hari yang lalu dan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun karena pembuatan orang-orangan sawah itu menggunakan perlengkapan pribadi yang sudah tidak digunakan. “Bahan-bahannya yang ada aja di rumah, tapi masih bagus jadi nggak ngeuarin biaya lagi,” jelasnya.

Menurut dia, orang-orangan sawah memiliki makna tersendiri dalam konteks HUT Kemerdekaan RI. Orang-orangan sawah, mengjarkan tentang perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan yang tidak surut diterpa angin, disengat matahari, dibasahi hujan, ataupun dinginnya malam untuk mencapai suatu tujuan, yaitu kemerdekaan. (BC)

Baca Juga

medali-emas-kabupaten-bekasi

Atlet Berprestasi dijanjikan Jadi Pegawai Pemkab Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Ketua KONI Kabupaten Bekasi, H. Romly memberikan angin segar bagi atlet-atlet …

bnk cikarang pusat

Aparatur Desa di Kecamatan Bojongmangu Terindikasi Gunakan Narkoba?

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Badan Narkotika Kabupaten Bekasi mengindikasikan adanya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan salah …