Jelang HUT Kemerdekaan RI, Orang-Orangan Sawah Hiasi Rumah Warga

Orang-orangan sawah yang dibuat oleh warga di Kp. Kobak Bitung RT 03/01 Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 66,
Orang-orangan sawah yang dibuat oleh warga di Kp. Kobak Bitung RT 03/01 Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 66,

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Perayaan peringatan proklamasi kemerdekaan tinggal beberapa jam lagi. Antusiasme warga menyambut hari besar nasional itu pun bermunculan seperti dengan memasang atribut bendera dan hiasan berwarna merah putih.

Uniknya, sejumlah warga seperti di Kp. Kobak Bitung RT 03/01 Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur, membuat kreasi unik seperti membuat orang-orangan sawah sebagai kreativitas dekorasi menjelang HUT Kemerdekaan RI Ke 71 yang jatuh pada Rabu, 17 Agustus 2016.

Bacaan Lainnya

Di Kp. Kobak Bitung sendiri terdapat kurang lebih 21 lokasi orang-orangan sawah dengan beraneka macam karakter seperti pejuang, anak sekolah, pembalap dan lain sebagainya. Orang-orangan sawah itu dibuat atas inisiatif warga dan dipajang di sepanjang jalan baik di halaman rumah atau di depan pintu masuk gang.

Fahmi (34), salah seorang warga mengaku membuat dua orang-orangan sawah dengan karakter berbeda yaitu pembalap motor dan pembalap sepeda. Ia sengaja membuat orang-orangan sawah untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 71. “Nggak ada alesan lain sih, cuma untuk memeriahkan aja,” kata dia, Selasa (16/08).

Untuk proses pembuatannya, ia mengaku sudah sudah menyelesaikannya sejak empat hari yang lalu dan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun karena pembuatan orang-orangan sawah itu menggunakan perlengkapan pribadi yang sudah tidak digunakan. “Bahan-bahannya yang ada aja di rumah, tapi masih bagus jadi nggak ngeuarin biaya lagi,” jelasnya.

Menurut dia, orang-orangan sawah memiliki makna tersendiri dalam konteks HUT Kemerdekaan RI. Orang-orangan sawah, mengjarkan tentang perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan yang tidak surut diterpa angin, disengat matahari, dibasahi hujan, ataupun dinginnya malam untuk mencapai suatu tujuan, yaitu kemerdekaan. (BC)

Pos terkait