Jaga Kearifan Lokal, Lomba Rampak Bedug Siap Digelar

Festival Rampak Bedug 2023 di Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.
Festival Rampak Bedug 2023 di Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Festival Rampak Bedug merupakan salah satu ajang perlombaan yang sudah menjadi tradisi masyarakat, salah-satunya di Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Biasanya kegiatan tersebut diadakan beberapa hari pasca Idul Fitri. Orientasi kegiatannya, mengacu pada tatanan nilai tradisi pesta rakyat, dengan tujuan mempererat jalinan silaturahmi sesama masyarakat di Desa Tridayasakti.

Bacaan Lainnya

BACA: Lomba Tabuh Bedug Meriahkan Malam Takbiran di Cikarang Pusat

Kepala Desa Tridayasakti Suwardi mengatakan, Festival Rampak Bedug merupakan sajian yang sudah menjadi kegiatan rutinitas di setiap tahunnya. Selain menjadi wujud kepedulian menjaga kearifan lokal, lomba ini menjadi upaya melestarikan kebudayaan asli masyarakat Indonesia.

“Hal ini, dikarnakan sudah menjadi budaya tradisi di Desa kami, selain itu juga, banyak kemaslahatan dan segi nilainya, seperti menanamkan keguyuban, kekompakan, mempererat jalinan tali silaturahmi dan persaudaraan,” ungkapnya.

Pada tahun ini kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 19 sampai dengan 21 April 2024 di Halaman Kantor Desa Tridayasakti. Adapun manifestasi dari Festival Rampak Bedug ini, berdampak pada rasa persaudaraan yang tinggi. Selain itu juga, membangkitkan kreativitas seni para kontestan dalam memacu untuk menampilkan sajian suara bedug yang indah.

“Saya menghimbau kepada warga, mari kita lestarikan apa yang sudah menjadi kebanggaan dan tradisi di Desa kita, dan bagi para kontestan lakukanlah hasil karya yang terbaik dan ciptakan seni dan inovasi yang indah,” tandasnya. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait