Jabar Siapkan Rp23 Milyar Untuk Pelebaran Jl. Cikarang-Cibarusah

Jalan Cikarang Cibarusah
Jalan Cikarang Cibarusah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali menganggarkan pembangunan fisik pelebaran Jl. Cikarang – Cibarusah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020.

Kepala Sub Unit Balai Pengelolaan Jalan Wilayah Pelayanan I Provinsi Jawa Barat, A. Gunari Arifin mengatakan anggaran yang disiapkan mencapai Rp23 milyar.  “Untuk anggaran yang disiapkan nilainya Rp23 milyar,” kata dia, Rabu (05/02).

Bacaan Lainnya

BACA: Pelebaran Jalan Cikarang Cibarusah Batal Dikerjakan Tahun Ini, Berikut Penyebabnya

Anggaran tersebut dialokasikan untuk pelebaran Jl. Cikarang Cibarusah sepanjang 2 KM dari Kandang Roda sampai pertigaan arah Setu. “Pelebaran akan kita lakukan dari 7 menjadi 14 meter termasuk pembangunan median jalan,” tuturnya.

Kendati demikian, Gunari menekankan kegiatan pelebaran baru bisa dilakukan apabila proses pemebabasan lahan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi selesai. Tanpa adanya upaya clear and clean lahan, maka kegiatan pelebaran jalan tak akan dilakukan.

“Kalau tanah sudah bebas seluruhnya, baru tuh bisa masuk,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pertanahan di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi, Daniel Firdaus manargetkan pembebasan lahan di Jl. Cikarang Cibarusah dapat rampung di awal tahun 2020 ini. Dana sebesar Rp 24 miliar telah disiapkan untuk memebasakan lahan yang tersisa, yakni 36 bidang tanah.

“Insyaallah 2020 pembebasan selesai, tetapi tergantung pemilik tanah juga. Makanya saya juga minta bantuan ke Camat dan Kepala Desa untuk membantu mengkomunikasikan. Kami kan sudah mensosialisasikan dan kalau dari pihak kecamatan dan kepala desa tidak membantu maka kami juga akan kesulitan,”  kata dia. (BC)

Pos terkait