daris soal rotasi dan mutasi
daris soal rotasi dan mutasi

H. Daris : Rotasi dan Mutasi Bukan dilatarbelakangi Kepentingan Pilkada

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, H. Daris mendorong agar Plt Bupati Bekasi, Rohim Mintareja segera melakukan rotasi dan mutasi para pejabat Pemkab Bekasi dalam rangka penerapan PP No 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan Perda No 6 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

“Tanggal 28 Desember kemarin itu sudah selesai evaluasi gubernur. Nah kalau APBD sudah selesai, evaluasinya juga sudah tetapi OPD-nya belum selesai, yang ngerjainnya siapa? Yang nyusun DPA-nya siapa? Seharusnya itu sudah selesai susunan OPD karena mereka yang akan menjadi eksekutor APBD di tahun 2017 ini, kan begitu,” kata H. Daris, Rabu (04/01).

DPRD Kabupaten Bekasi, kata dia, telah mengundang Plt Bupati dan Sekda Kabupaten Bekasi untuk segera menyelesaikan hal itu. Dengan adanya susunan OPD baru serta rotasi dan mutasi jabatan yang akan segera dilakukan Plt. Bupati diharapkan nantinya dapat menekan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) ABPD di tahun 2017.

“Mudah-mudahan hari ini selesai (pembahasana sususunan OPD Baru-red) dan mudah-mudahan orang yang ditunjuk juga tepat,” ucapnya.

Lebih jauh, anggota Fraksi Partai Gerindra itu juga mengelak jika rotasi dan mutasi para pejabat yang akan dilakukan melalui pembahasan sususunan OPD baru dilatarbelakangi kepentingan politik  menjelang Pilkada.

“Itu hanya kekahawatiran. Mudah-mudahan tidak ya. Pekerjaan di legislatif ya jangan dicampurbaurkan dengan kepentingan politik. Begitu juga di eksekutif, jangan terlalu berpihak dengan kepentingan Pilkada, karena itu hanya kepentingan orang-orang tertentu,” ucapnya.

Seharusnya, kata Daris, para eksekutif fokus terhadap pekerjaannya. “Kalau dia tugas di Dinas A, ya sudah lakukan itu, tidak usah ikutan-ikutan Pilkada,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa dalam rotasi dan mutasi para pejabat di lingkungan Pemkab Bekasi, DPRD Kabupaten Bekasi hanya bisa memberikan rekomendasi, saran-saran agar rotasi dan mutasi tepat guna, tepat sasaran dan bertujuan untuk membangun.

“Jadi motivasinya perbaikan, bukan karena kepentingan Pilkada,” tandasnya. (BC)

Baca Juga

Penyampaian laporan reses anggota Dewan pada rapat paripurna DPRD Kabupaten Bekasi masa sidang I Tahun 2020, Selasa (25/02)

Hasil Reses Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Jaring 9.883 Usulan Kegiatan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Reses yang dilakukan anggota DPRD Kabupaten Bekasi sejak 21 Januari sampai …

Pimpinan dan Anggota Badan Musyarawah (Banmus) DPRD Kabupaten Bekasi

DPRD Kabupaten Bekasi Tetapkan Agenda Kerja Awal Tahun, Ini Jadwalnya

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Bekasi telah menggelar rapat kaitan agenda …