Grup Kolintang Asal Kabupaten Bekasi Sabet Juara 1 Nasional

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Grup Kolintang Klabat yang berada di bawah naungan Sanggar Tamporok berhasil merebut Juara 1 Piala Bergilir Kemenkominfo melalui ajang Kejuaraan Nasional kreativitas Kolintang Virtual Perdana Nasional 2020 kategori original, yang digelar pada Agustus 2020 lalu.

Piala ini diberikan secara virtual oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G Plate sebagai bentuk apresiasinya kepada Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75 pada Rabu 23 September 2020.

Delly Luntungan selaku perwakilan dari Sanggar Tamporok menjelaskan, Sanggar Tamporok ini ikut serta dalam kejuaraan untuk mewakili Jawa Barat.

“Ya kami menjadi perwakilan dari Jawa Barat, kami juga mengirimkan dua grup asuh dari Sanggar Tamporok untuk mengikuti dua kategori lomba yaitu, Kolintang Original dan Kolintang Kreativitas Milenial,” jelasnya.

Dirinya menyebut, tidak hanya menjadi juara umum di kategori kejuaraan kolintang original, namun Sanggar Tamporok juga berhasil menjadi juara di kategori penyanyi terbaik dan karya cipta lagu terbaik untuk tema Covid-19 ataupun new normal.

“Benar, dalam kategori kolintang original, penyanyi terbaik dan karya cipta lagu terbaik. Dalam kategori kolintang original kami memilih untuk membawakan lagu Bengawan Solo,” tuturnya.

Lagu bengawan Solo ini dipilih, karena menurutnya lagu ini cukup populer tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga populer di luar negeri. Dia berharap, musik kolintang semakin banyak disukai oleh masyarakat luas khususnya yang berada di Jawa Barat.

Untuk diketahui, kolintang saat ini sedang diperjuangkan ke UNESCO untuk ditetapkan menjadi salah satu warisan dunia dari Indonesia di Tahun 2023. Sebagai salah satu upaya untuk mendukung hal tersebut, Kemenkominfo RI mengadakan kejuaraan tersebut. (***)

Pos terkait