28 Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi Dapat Bantuan Program Sanitasi

Kepala Seksi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Komarudin
Kepala Seksi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Komarudin

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sebanyak 28 pondok pesantren di Kabupaten Bekasi akan mendapatkan program sanitasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Program ini menjadi bagian dari program adaptasi kebiasaan baru di lingkungan pesantren.

“Alhamdulillah Kabupaten Bekasi dapat 28 titik. Insya Allah tahun ini direalisasikan pembangunannya,” kata Kepala Seksi Pondok Pesantren pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Komarudin, Jum’at (04/06).

Bacaan Lainnya

Menurut Komarudin, dengan adanya program ini diharapkan tercapai pola hidup sehat dalam upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar yang efektif di lingkungan pondok pesantren.

“Kami berharap pondok pesantren di Kabupaten Bekasi mampu menjadi agen perubahan untuk menerapkan pola hidup sehat di lingkungan sekitar,” tuturnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua PCNU Kabupaten Bekasi itu menambahkan, bantuan yang akan diberikan diantaranya dalam bentuk rehab atau pembangunan sarana dan prasarana sanitasi. Khususnya berkaitan dengan cuci tangan, wudhu dan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).

“Banyak persyaratannya (untuk mendapatkan bantuan program sanitasi). Namun yang terpenting, penerima harus bersedia memelihara sarana dan prasarana dengan baik jika sudah terbangun nantinya serta berupaya meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan di pondok pesantrennya masing masing,” kata dia. (BC)

Pos terkait