Wow! Ekspor Rumput Laut dari Muaragembong Sudah Sampai ke China

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG  – Budidaya rumput laut menjadi salah satu usaha unggulan masyarakat di Kecamatan Muaragembong. Selain dipasarkan untuk kebutuhan konsumsi dalam negeri, rumput laut dari pesisir Kabupaten Bekasi ini juga menjadi komoditi ekspor hingga ke China.

Rumput laut yang diekspor ini merupakan hasil produksi UMKM Koperasi Maju Bersama yang berlokasi di Kp. Gaga RT 04 RW 03 Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong. Dalam sebulan, omset kelompok usaha masyarakat yang berdiri sejak tahun 2011 ini mencapai Rp320 juta perbulan dan telah menjadi penopang ekonomi bagi 400 anggotanya.

Bacaan Lainnya

“Budidaya rumput laut ini sangat mudah, hanya tanam sekali tapi panennya berkali-kali. Tinggal ditebar di tambak dan relatif tidak ada penyakitnya,” kata Ketua UMKM Koperasi Maju Bersama, Junaedi Idih, Rabu (20/01).

Pihaknya berharap, Pemerintah Kabupaten Bekasi ikut mendorong tumbuhnya kelompok budidaya rumput laut ini, agar dapat menjadi salah satu usaha unggulan di Muaragembong.

“Harapan kami, minta dibantu, biar nanti anak-anak muda di sini, tidak usah nyari kerjaan ke luar Bekasi. Karena di Muaragembong juga banyak peluang usaha yang membutuhkan tenaga,” ujarnya.

Sementara Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengaku Pemerintah Kabupaten Bekasi akan mendukung agar usaha tersebut bisa terus berkembang dan mampu memberdayakan warga sekitar.

“Pemerintah daerah akan terus mensupport agar budidaya rumput laut ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjadi salah satu usaha unggulan di Kabupaten Bekasi,” kata Eka. (***)

Pos terkait