Ilustrasi Dana Desa
Ilustrasi Dana Desa

Upaya Pencegahan Korupsi Dana Desa di Kabupaten Bekasi Masih Rendah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Upaya pencegahan korupsi dana desa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi masih rendah. Hal ini dapat dilihat dalam sistem Monitoring Centre for Prevention (MCP) yang dibuat  Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dari delapan program pencegahan korupsi yang dibuat Satgas Korsupgah KPK di Kabupaten Bekasi, nilai Tata Kelola Dana Desa adalah yang paling rendah, yakni hanya 22 persen.

Adapun penyebabnya, yakni belum adanya laporan mengenai implementasi sistem pengawas keuangan desa (siswaskeudes) dan laporan pertanggungjawaban dana desa. Sementara laporan mengenai publikasi dana desa, nilainya baru 50 persen.

“Saya melihat karena faktor kebiasaan. Ini kan masih baru sehingga aparatur pemerintahan desa juga belum seluruhnya menguasai tentang pelaporan dan penyusunan anggaran pembangunan desa.  Tetapi dalam beberapa tahun ini sih, sebetulnya sudah ada perbaikan,” kata Kepala Inspektorat Kabupaten Bekasi, MA. Supratman, Selasa (05/11).

Sementara menganai pengawasan yang dilakukan oleh inspektorat, dia mengatakan upaya tersebut hingga kini masih dilakukan dengan meninjau sejauh mana realisasi dana desa yang telah dikucurkan pemerintah.

Baca Juga

Pembagian maske kain secara gratis oleh Muspika Cikarang Pusat di Pasar Tegal Danas, Selasa (07/04).

Pemkab Bekasi Ajak Masyarakat Gunakan Masker Kain

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Pemerintah Kabupaten Bekasi mendorong masyarakat untuk menggunakan masker yang terbuat dari …

Ilustrasi

Positif COVID-19 di Kabupaten Bekasi Capai 31 Kasus, 5 Sembuh dan 5 Meninggal

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Angka kasus positif  COVID-19 di Kabupaten Bekasi telah mencapai 31 kasus. …