Tak Hanya Kebakaran, Damkar Kabupaten Bekasi Sigap Siaga Bencana Alam 24 Jam

Pemusnahan sarang tawon vespa affinis oleh petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi
Pemusnahan sarang tawon vespa affinis oleh petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Menjadi petugas pemadam kebakaran mungkin bagi sebagian orang dianggap hanya akan berurusan dengan proses pemadaman api apabila terjadi kebakaran.

Namun jangan salah, selain dituntut bersikap profesional dan disiplin selama bertugas, petugas pemadam kebakaran juga harus sigap dan siaga bila terjadi bencana alam.

Bacaan Lainnya

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri. Ia mengatakan selain memadamkan api apabila terjadi kebakaran, petugas pemadam kebakaran juga telah disiagakan untuk penanggulangan bencana alam.

Adapun bencana alam yang berpotensi terjadi di Kabupaten Bekasi di musim penghujan ini, diantaranya bencana banjir, tanah longsor hingga pohon tumbang.

“Dari mulai tim rescue, tim evakuasi semua standby baik yang di posko utama maupun yang di wilayah. Kita menunggu laporan dan akan bergerak cepat,” ujarnya.

Tak hanya itu, petugas pemadam kebakaran juga diakuinya siap siaga untuk kedaruratan lain seperti munculnya binatang yang mengganggu warga ketika terjadi banjir hingga membantu warga menyedot air dan lumpur yang menggenang di dalam rumah pasca banjir.

“Insya allah petugas juga ready untuk membantu warga dalam menyedot air agar rumah yang terdampak genangan air agar bisa segera ditempati. Kita memiliki alat pembuang air. Jadi petugas pemadam juga disiagakan, baik dalam melayani saat terjadi banjir maupun pasca banjir,” kata dia. (ist)

Pos terkait