Bangun Smart-Eco City, Jababeka Gelar Jababeka Eco Award

Grand Opening Jababeka Eco Award di Hollywood Junction Jababeka, Selasa (28/12/2021) lalu.
Grand Opening Jababeka Eco Award di Hollywood Junction Jababeka, Selasa (28/12/2021) lalu.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Jababeka Group berkomitmen untuk konsisten menjaga kebersihan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan di Kota Jababeka – Cikarang maupun di desa-desa sekitar kawasan. Salah satunya melalui program Jababeka Eco Award, ajang lomba kebersihan untuk mengapresiasi pencapaian rukun warga (RW) yang mampu menjaga kebersihan lingkungan yang berada di sekitar kawasan Jababeka dan berdedikasi dalam mewujudkan Smart Eco City.

Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tbk, Tjahjadi Rahardja menjelaskan bahwa fokus Jababeka telah bergeser yang dahulu berfokus pada kawasan industri, sekarang berfokus kepada menciptakan kota modern yang mandiri, melalui hadirnya kawasan hunian asri dan komersial serta berbagai fasilitas terdepan. Diantaranya adalah fasilitas sekolah hingga universitas bertaraf internasional, 3 rumah sakit bertaraf nasional, Jababeka Golf & Country Club, dan sarana olahraga berkelas internasional, sarana transportasi, dan pusat perbelanjaan modern seperti Living Plaza Jababeka dan Hollywood Junction Lifestyle Center.

Bacaan Lainnya

Kemudian, sekarang Jababeka ingin menciptakan kota modern yang mandiri sekaligus bisa memenuhi kebutuhan untuk generasi sekarang maupun masa depan, yaitu mengembangkan konsep Smart Eco City. Oleh karenanya, kegiatan Jababeka Eco Award didasarkan kepada keinginan Kota Jababeka menjadi Smart Eco City.

Lebih dalam, Tjahjadi menambahkan bahwa tujuan menggelar Jababeka Eco Award adalah mengajak masyarakat di sekitar kawasan Jababeka untuk sama-sama menjaga lingkungan dan membangun Smart Eco City. Sehingga lingkungan desa-desa di sekitar kawasan Jababeka menjadi lingkungan yang bersih, hijau, kesehatan masyarakat terjamin dan mewujudkan Smart Eco City. Sebab, tanpa partisipasi masyarakat setempat, pembangunan Smart Eco City tidak berjalan efektif.

Sementara Mayjend (Purn) Sumardi selaku Head of city council Jababeka menambahkan, “Lebih dalam, harapan kami dengan hadirnya Jababeka Eco Award ialah terjadi sinergi dalam menjaga lingkungan dari pemerintah, Jababeka dan masyarakat setempat,” jelas Sumardi.

Sumardi menceritakan, target Jababeka Eco Award ialah pihaknya akan mengajak rukun warga (RW) di wilayah di sekitar kawasan Jababeka yaitu Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur, Cikarang Pusat dan terdiri dari: 5 desa yaitu Desa Mekar Mukti, Desa Simpangan, Desa Jatireja, Desa Serta Jaya, Desa Jaya Mukti dimana total ada sekitar 27 RW.

Bagi RW yang memenangkan Jababeka Eco Award, Jababeka telah menyediakan hadiah total puluhan juta rupiah. Adapun periode lomba kebersihan bertagline Synergy to Build Smart- Eco City ini dimulai dari Desember 2021 – Mei 2022 dan pemberian penghargaan direncanakan akan dilakukan pada bulan Juni 2022.

Sementara aspek penilaiannya, kata Sumardi, ialah berdasarkan kebersihan, kehijauan dan kerapian. “Untuk mendapat hasil penilaian, nanti teknisnya tim Jababeka dan tim penilai dari Lingkungan Hidup akan datang ke setiap RW secara berkala untuk melihat seperti apa progres hingga selesai pengimplementasian program mereka,” ujar Sumardi.

Sumardi juga menjelaskan bahwa Jababeka Eco Award akan digelar setiap tahun dan tidak hanya berfokus pada kebersihan, pengolahan sampah, Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan memaksimalkan fungsi saluran drainase. Tapi tidak menutup kemungkinan acara di tahun tahun selanjutnya akan lebih berkembang lagi, seperti energi yang terbarukan.

Adapun dalam acara tersebut dihadiri juga oleh Plt Bupati Bekasi Ahmad Marjuki, Suciati Dewi selaku Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kabupaten Bekasi, Enop Can selaku Camat dari Cikarang Utara, Ropi selaku Camat dari Cikarang Timur, Suwanto selaku Camat dari Cikarang Pusat, Marcus Lee selaku Managing Director Jababeka Residence, Eric Limansantoso selaku General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Agung Sujatmiko dari Estate and Property Management dan peserta lomba kebersihan Jababeka Eco Award. (ist)

Pos terkait