Selama Idul Fitri Lapas Cikarang Tambah Jam Kunjungan Bagi Tahanan, Catat Jamnya!

Warga binaan di Lapas Cikarang seusai solat Idul Fitri 1439 H, Jum'at (15/06).
Warga binaan di Lapas Cikarang seusai solat Idul Fitri 1439 H, Jum'at (15/06).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Lapas Cikarang menambah jam kunjungan bagi keluarga warga binaan atau narapidana dalam momentum Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta menjelaskan dalam kurun waktu 3 hari kedepan, yakni dari tanggal 15 s.d 17 Juni 2018 keluarga warga binaan bisa berkunjungan dari pukul 08.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Jika dibandingkan hari biasa, jam kunjungan ini bertambah satu setengah jam karena di hari biasa hanya berlaku dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Jadi ada tambahan sekitar satu setengah jam dibandingkan kunjungan di hari biasa,” kata Kadek Anton Budiharta, Jum’at (15/06).

Penambahan jam kunjungan dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung yang ingin bertemu atau bersilaturahmi dengan warga binaan. “Prediksi kita tahun ini ada 1.700—1.800 pengunjung dari 1.500 warga binaan. Karena di tahun lalu saja dari 1.300 warga binaan pengunjungnya mencapai 1.500-an,” ucapnya.

Dalam momentum ini jumlah personil penjagaan pun ditambah termasuk melibatkan instansi kepolisian dan TNI. “Tentu saja pengawasan dan pemeriksaan yang kita lakukan kali ini pun lebih ketat jika dibandingkan hari biasa,” kata dia.

Dalam satu kali kunjungan, pengunjungan diberikan waktu selama kurang lebih 30 menit. “Kelonggaran waktu kita berikan apabila jumlah pengunjung tidak membludak,” ucapnya.

Ia mengatakan dengan adanya kunjungan yang banyak hal positif yang didapat warga binaan, terutama adanya perhatian dari para anggota keluarga dan sanak saudara yang dapat memotivasi warga binaan.

“Karena peran keluarga tentu penting bagi warga binaan dalam memperbaiki diri, agar dapat lebih baik ketika bebas nanti,” kata dia.(BC)

Pos terkait