Ribuan Warga Kabupaten Bekasi Tumpah Ruah Saksikan Teaterikal Jalanan ‘Perjuangan Si Belut Putih’

Ribuan warga Kabupaten Bekasi tumpah ruah untuk menyaksikan teaterikal jalanan bertajuk Perjuangan Si Belut Putih di di sepanjang Jalan Raya Haji Nausan hingga Suropati Tambun Utara.
Ribuan warga Kabupaten Bekasi tumpah ruah untuk menyaksikan teaterikal jalanan bertajuk Perjuangan Si Belut Putih di di sepanjang Jalan Raya Haji Nausan hingga Suropati Tambun Utara.

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN UTARA  – Dalam rangka mengenang jasa para pahlawan, khususnya pahlawan asal Kabupaten Bekasi, Komunitas Ontel dan warga Tambun Utara menggelar teaterikal jalanan bertajuk Perjuangan Si Belut Putih. Ribuan warga Kabupaten Bekasi tumpah ruah untuk menyaksikannya di sepanjang Jalan Raya Haji Nausan hingga Suropati.

BACA: Bikin Bangga! Kabupaten Bekasi Jadi Bagian Perjalanan Sejarah Bangsa dan Terus Beri Kontribusi Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Bacaan Lainnya

“Teatrikal jalanan ini menceritakan aksi perjuangan pasukan Hizbullah yang dipimpin oleh KH. Noer Ali, Pahlawan Nasional asal Kabupaten Bekasi melawan pasukan Belanda yang dikenal dengan perjuangan Karawang Bekasi. KH Nur Ali dijuluki Si Belut Putih lantaran sulit ditangkap pasukan Belanda,” kata Andi Godil, Ketua Panitia.

Seluruh peserta nampak antusias melaksanakan peran masing-masing. Peran tahanan yang dipasung menjadi peran yang sangat menyentuh bagi warga yang menonton, menggambarkan kekejaman belanda di masa penjajahan.

Suasana haru pun menyelimuti acara tersebut saat  seorang peserta membacakan puisi Karawang Bekasi karya Chairil Anwar dengan iringan lagu gugur bunga.

“Rangkaian karnaval dimulai di Jalan Raya Haji Nausan dan berakhir di Suropati  Tambun Utara. Acara dilanjutkan dengan doa bersama di makam Haji Nausan, Bupati pertama Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Andi Godil menambahkan, acara teaterikal jalanan ini kali pertama digelar di wilayah Kecamatan Tambun Utara selama 78 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara seperti ini nantinya akan terus digelar setiap memperingati HUT Kemerdekaan RI.

“Ini baru pertama kali digelar dan Alhamdulillah antusiasme warga sangat bagus. Insya Allah kegiatan ini akan menjadi agenda rutin. Tujuannya tidak lain adalah untuk menggugah masyarakat agar tidak melupakan sejarah dan jasa para pahlawan,” tandasnya. (ded)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait