Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Sri Enny Mainarti saat menandatangani komitmen lintas sektoral dalam rangka mendukung pelningkatan kinerja dan mutu pelayanan di Puskesmas Cikarang, Jum'at (05/07).
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Sri Enny Mainarti saat menandatangani komitmen lintas sektoral dalam rangka mendukung pelningkatan kinerja dan mutu pelayanan di Puskesmas Cikarang, Jum'at (05/07).

Resmi Tempati Gedung Baru, Puskesmas Cikarang Siap Akreditasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cikarang telah resmi ditempati. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang berada di di Jl. KH. Dewantara, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara itu pun dipastikan siap menjalani proses akreditasi.

BACA: Komisi IV DPRD Dukung Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Bekasi

“Insya allah agustus ini diakreditasi, persiapannya sudah dari kemarin-kemarin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Sri Enny Mainarti saat ditemui usai mendampingi Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja meninjau dan meresmikan gedung baru Puskesmas Cikarang, Jum’at (05/07).

Proses akreditasi, sambungnya, akan dilakukan oleh tim survey utusan Kementrian Kesehatan RI dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. “Ada tiga komponen utama yang akan menjadi penilaian yaitu administrasi manajemen, upaya kesehatan masyarakat dan upaya pelayanan klinis,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sri, penilaian akreditasi juga dilakukan secara menyeluruh di semua lini pelayanan. Mulai dari perencanaan program yang melibatkan lintas sektoral dan masyarakat, pelaksanaan program, evaluasi dan tindaklanjutnya harus saling berkesinambungan dan terdokumentasi.

“Namun yang paling penting adalah peningkatan mutu klinis dan keselamatan pasien. Untuk itu kami senantiasa mengajak Puskesmas agar senantiasa meningkatkan SDM meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Pemahaman tentang standar nilai yang dibelakukan, mementukan keberhasilan proses akreditasi. Kalau hasilnya mau bagus, berarti semuanya harus dipahami,” tuturnya.

Selain Puskesmas Cikarang, terdapat delapan puskemas lainnya yang juga akan dilakukan proses akreditasi agustus tahun ini. Kedelapan Puskesmas itu yakni Puskesmas Cibatu, Puskesmas Setu 2, Puskesmas Sukaraya, Puskesmas Tridaya Sakti, Puskesmas Bahagia, Puskesmas Setiamulya, Puskesmas Wanajaya dan Puskesmas Setia Mekar.

“Total ada 9 sehingga tahun ini 44 Puskesmas yang ada di kita sudah terakreditasi semuanya. Salah satunya Puskesmas Cikarang,” kata Sri Enny. (BC)

Baca Juga

Banjir yang merendam pemukiman warga di Kp. Kali Ulu, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Cikarang Utara akibat meluapnya Kali Ulu pasca hujan deras di malam pergantian tahun beberapa waktu lalu

Cikarang Utara Usulkan Normalisasi dan Pembangunan Tanggul Kali Ulu

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Sebagai bentuk penanggulangan banjir, Kecamatan Cikarang Utara mengusulkan agar Pemerintah Kabupaten …

Anggota Unit Sabhara Polsek Cikarang saat bersiap untuk mengantarkan Ibu Minah beserta anak dan cucunya menuju Terminal Kalijaya menggunakan mobil patroli, Rabu (18/12) siang.

Belum Sampai Tujuan Tapi Disuruh Turun dari Angkot, Pak Polisi Sigap Bantu Keluarga Ibu Minah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  –  Saat menjalankan tugasnya, personil kepolisian dituntut untuk sigap membantu masyarakat yang …