salah seorang warga binaan saat menggunakan hak pilihnya di TPS 12 Lapas Cikarang, Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (27/06).
salah seorang warga binaan saat menggunakan hak pilihnya di TPS 12 Lapas Cikarang, Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (27/06).

Pencoblosan Pilgub Jabar, KPPS di Lapas Cikarang Gunakan Pakaian Adat Sunda

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Provinsi Jawa Barat turut menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Dari ribuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada hal yang unik di TPS 12 yang berada di dalam Lapas Cikarang, Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS tersebut menggunakan pakaian adat sunda Jawa Barat. Selain menggunakan ‘calana komprang’ mereka juga menggunakan baju ‘salontreng’ lengkap dengan penutup kepala denga model ‘Hanjuang Nangtung’  atau ‘Barangbang Semplak’.

Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta mengatakan pelaksanaan pemungutan suara di TPS 12 dilaksanakan oleh KPPS yang berjumlah 9 orang. KPPS diketuai oleh Bapak Enang dan anggota dari petugas Desa Pasirtanjung sebanyak 2 orang dan dari Petugas Lapas sebanyak 6 orang

“Kami menggunakan atribut seragam yang berbeda bagi petugas KPPS agar bisa dibedakan dengan petugas lapas lainnya  sekaligus untuk merubah suasana agar lebih santai, lebih rileks dan lebih nyaman sehingga Pilkada dapat berjalan dengan lancar dan baik di TPS ini,” kata Kadek Anton Budiharta, Rabu (27/09).

Sementara untuk warga binaan (narapidana) yangn melakukan pencoblosan, kata dia, total berjumlah 610 orang. 556 orang diantaranya terdaftar di DPT, sementara sisanya 20 orang masuk dalam Daftar Pemilih Pindahan (DPPH) dan 34 orang masuk ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTB).

“Kami berharap pelaksanaan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga proses penghitungan suara dan pelaporan ke KPU nanti,” kata dia.

Proses pelaksanaan pemungutan suara di TPS 12 Lapas Cikarang sendiri, imbuhnya, dibantu oleh petugas keamanan dari Polres Metro Bekasi, Polsek Cikarang Pusat dan Koramil XII Serang Baru. (BC)

Baca Juga

Salah seorang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang saat melakukan penanaman bibit pohon di bantaran irigasi Jl. Raya Cilampayan, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Jum'at (22/03) pagi.

Hijaukan Lingkungan, Warga Binaan di Lapas Cikarang Tanam 5500 Bibit Pohon

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebanyak 5500 bibit pohon ditanam warga binaan di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) …

Pembacaan deklarasi bebas hp dan narkoba oleh pejabat struktural serta warga binaan pemasyarakatan Lapas Cikarang, Selasa (12/03).

Lapas Cikarang Deklarasikan Bebas HP dan Narkoba

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Untuk menghindari peredaran narkoba yang dikendalikan oleh warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan …