Pemkab Bekasi Canangkan Pekan Gotong Royong

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi tengah mencanangkan Pekan Gotong Royong Bekasi Bebas Banjir. Hal itu diutarakan Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dalam Rapat Lanjutan Antisipasi Pencegahan Banjir yang dilakukan bersama seluruh Forkopimda Kabupaten Bekasi di Sakura Hotel, Cikarang Pusat, Rabu (04/11).

“Kemarin saya sudah perintahkan para Camat untuk meminimalisir banjir. Tentu saja, gerakan ini harapannya dapat mengurangi. Dan juga kita menaruh di posisi-posisi yang rawan banjir, mungkin peralatan dan yang lainnya. Semua kekuatan yang dimiliki oleh Pemda terkait pengantisipasian banjir ini akan kita kerahkan,” kata Eka.

Eka juga mengaku telah memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup untuk membuat jaring di setiap perbatasan wilayah. Dengan jaring yang lebih kokoh daripada sebelumnya dan melakukan komunikasi dengan Pemerintah di wilayah perbatasan.

“Jangan nantinya kita dapat limpahan sampah dari wilayah lain. Ini menjadi beban bersama, wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi, ini barangkali akan kita buat komunikasi dengan kota. Kerja bersama, bersama bekerja untuk masing membersihkan wilayahnya,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku telah memetakan wilayahnya yang rawan bencana banjir serta meminta dinas terkait untuk membuat teknis secara terperinci terkait penananganannya.

“Saya berharap, gerakan ini masif dan semua lapisan masyarakat dapat terlibat. Termasuk mohon dukungannya dari Muspida untuk menurunkan anggotanya,” pintanya.

Mengenai keberadaan bangunan liar yang ada di bantaran sungai, Eka menuturkan akan melakukan pelebaran di bantaran sungai serta membentuk Satuan Tugas Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup (Satgas Gakkum LH) bersamaan dengan pencanangan Kabupaten Bekasi bebas sampah plastik.

“Kita sudah coba anggarkan untuk pekerjaan pelebaran sungai, jadi bukan lagi normalisasi. Serta membentuk Satgas Gakkum LH sekalian kita akan bentuk dan kita kukuhkan Satgas Lingkungan Hidup bersamaan dengan pencanangan Kabupaten Bekasi Bebas Sampah Plastik. Karena Sampah plastic ini memberikan kontribusi besar bagi banjirnya Kabupaten Bekasi,” pungkasnya. (***)

Pos terkait