Mulai 23 Mei 2019, GT Cikarang Utama Sudah Tidak Akan Beroperasi Lagi

Antrian kendaraan di GT Cikarang Utama pada arus mudik Libur Natal 2018 lalu.
Antrian kendaraan di GT Cikarang Utama pada arus mudik Libur Natal 2018 lalu.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan untuk mengurangi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. terhitung mulai 23 Mei 2019 akan merelokasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama  yang terletak di KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek ke KM 70.

“GT Cikarang Utama akan ditiadakan, sebagai gantinya, Jasa Marga membangun GT Cikampek Utama di KM 70 untuk pengguna jalan dari/menuju timur (Jalan Tol Cikopo-Palimanan) dan GT Kalihurip Utama di KM 67 untuk pengguna jalan dari/menuju selatan (Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Padalarang-Cileunyi),” kata General Manager (GM) Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R. Lukman dalam keterangan tertulis yang BERITACIKARANG.COM terima, Jum’at (17/05).

Bacaan Lainnya

Menurut Raddy, pemindahan ini dilakukan didasari oleh berbagai faktor, antara lain:

Pertama, tidak memadainya lagi kapasitas transaksi di GT Cikarang Utama akibat adanya pembangunan pier Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) di GT Cikarang Utama yang berdampak pada ditutupnya enam gardu.

Selanjutnya kedua, keberadaan pier Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) di sekitar GT Cikarang Utama menyebabkan terjadinya bottleneck dan antrean kendaraan.

Lalu ketiga, tersambungnya Jalan Tol Trans-Jawa menyebabkan arus lalu lintas saat periode mudik dan balik Lebaran 2019 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek diprediksi meningkat 15% dibandingkan periode sama tahun lalu.

Keempat, membagi beban lalu lintas transaksi pada GT Cikarang Utama yang saat ini menerima beban transaksi kendaraan dari/menuju timur (Jalan Tol Cikopo-Palimanan) dan dari/menuju selatan (Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi) sekaligus memisahkan cluster Trans-Jawa jalur utara dan selatan.

Lima, Adanya pergeseran pola perjalanan lalu lintas komuter yang semula hanya sampai di Cikarang, kini melebar ke arah Karawang.

Terakhir, untuk mengakomodasi rencana Jakarta Greater Extension dengan pengembangan jaringan jalan tol JORR 3 yang menghubungkan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Karawang Barat. (BC)

Pos terkait