netty heryawan cibarusah center
netty heryawan cibarusah center

Istri Gubernur Jabar Kunjungi Pelaku Industri Kreatif di Cibarusah

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH – Istri Gubernur Jawa Barat, Netty Herywan melakukan kunjungan ke Sentra Pembuatan Kerajinan Berenuk di Perum TNI Polri di Desa Cibarusah Jaya, Kecamatan Cibarusah, Senin (06/02).Kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat beragam kerajinan tangan dan produk UMKM yang dihasilkan oleh beberapa orang pelaku industri kreatif Cibarusah.

Selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Netty menyampaikan keberadaan UMKM dan kerajinan yang dibuat secara kreatif jika dimaksimalkan dapat membantu untuk mendongkrak perekonomian daerah.

“Kerajinan ini mempunyai nilai ekonomis, bisa membuka lapangan pekerjaan, dan tentunya bisa menjadi produk unggulan daerah,” kata Netty Heryawan.

Netty juga menyempatkan melihat beberapa kerajinan seperti kerajinan berenuk dan lampu, kerajinan kayu dan lukisan tatakan karya pemuda Cibarusah Center, kerajinan seni kaligrafi dan UMKM pembuatan sepatu anak-anak.

“Produk semacam ini perlu terus dikembangkan, kita akan lakukan pembinaan dan pembukaan ruang untuk pemasaran. Kepada para pengrajin tentunya harus menambah kreativitas dalam setiap kerajinan yang dibuat, mulai dari pewarnaan, kemasan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Cibarusah Center Ahmad Djaelani menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh Netty Heryawan. Sebab di wilayah Cibarusah banyak sekali pelaku seni kreatif, namun banyak yang mengalami kesulitan dalam pemasaran produk.

“Masalah utamanya adalah sulitnya melakukan pemasaran produk, itu yang menjadi keluhan termasuk yang terjadi pada produk-produk yang kami buat di Cibarusah Center,” kata Djaelani.

Seharusnya kata dia, melalui Dekranasda Jabar dan stakeholder terkait agar bisa memfasilitasi persoalan pemasaran.

“Harapan kami bagaimana caranya pemerintah hadir membantu para pelaku usaha, termasuk mengintervensi pemerintah kepada pihak swasta semacam ke hotel, tempat wisata, pusat perbelanjaan agar mau mengakomodir karya kreatif ini,” pungkasnya. (BC)