Halo-halo Bandung Jadi Helo Kuala Lumpur, Akun Youtube Malaysia Kena Julid

Munculnya lagu Helo Kuala Lumpur menggemparkan warganet Indonesia. Sebab, seluruh irama dan melodinya sangat identik dengan lagu Halo-Halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki pada tahun 1946.
Munculnya lagu Helo Kuala Lumpur menggemparkan warganet Indonesia. Sebab, seluruh irama dan melodinya sangat identik dengan lagu Halo-Halo Bandung ciptaan Ismail Marzuki pada tahun 1946.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Lagu Halo-Halo Bandung diduga dijiplak salah satu akun YouTube Malaysia bernama Lagu Kanak TV. Judul lagu ciptaan Ismail Marzuki pada tahun 1946 itu diganti menjadi Helo Kuala Lumpur.

Munculnya lagu Helo Kuala Lumpur menggemparkan warganet Indonesia. Sebab, seluruh irama dan melodinya sangat identik dengan lagu Halo-Halo Bandung.

Liriknya juga ikut diubah. Sebelumnya Halo-Halo Bandung Ibu Kota Periangan menjadi Helo Kuala Lumpur Ibu Kota Keriangan.

BACA: Usai Ijab Kabul, Pengantin di Tambun Selatan Langsung Nyoblos Ke TPS. Netizen: Ntar Malam Nyoblos Lagi

Yang membuat warganet Indonesia semakin geram adalah deskripsi lagu Helo Kuala Lumpur disebutkan sebagai lagu tradisional Melayu kanak-kanak – Lagu Patriotik Malaysia

Padahal, sudah sangat jelas kalau lagu Halo-Halo Bandung merupakan lagu yang terinspirasi dari peristiwa Bandung Lautan Api pada Maret 1946. Lagu ini bahkan melambangkan perjuangan masyarakat Bandung mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kena Julid Warganet

Di platform twitter, banyak warganet Indonesia yang mengecam dan menyebut Malaysia tidak kreatif lantaran sudah kesekian kalinya menjiplak atau mengeklaim karya asli Tanah Air.

“Ini lagu Halo-Halo Bandung bukan sembarang lagu. Ada peristiwa sejarahnya yaitu Bandung Lautan Api, makanya ditetapkan jadi lagu wajib nasional. Itu tuh kayak bukti usaha perjuangan pahlawan Indonesia buat ngusir Belanda waktu itu,” tulis seorang netizen.

Berdasarkan pantauan BeritaCikarang.com, kanal Lagu Kanak TV bergabung di Youtube pada 2016 dan memperuntukkan kontennya bagi anak-anak di usia 2 hingga 9 tahun

Lagu Helo Kuala Lumpur sendiri diunggah pada 27 Mei 2020 dan hingga Kamis 14 September 2023 sudah ditonton lebih dari 277 ribu kali.

Selain Hello Kuala Lumpur, channel youtube Lagu Kanak TV juga memposting lagu-lagu lain yang sangat populer di kalangan anak-anak Indonesia.

Contohnya seperti Belon Ku Ada Lima (Balonku Ada Lima), Lihat Kebunku (versi Indonesia ciptaan Ibu Sud). Hingga Naik Kereta Api Tut Tut Tut (versi Indonesia Naik Kereta Api ciptaan Ibu Sud)

“Diliat akunnya gaccuma halo haoo bandung banyak bgt lagu anak-anak indonesia diklaim punya mereka wkwkw, ada anak kambing saya, pok ame-ame, kasih ibu hahaha,” tulis netizen lainnya. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait