Salah seorang perwakilan imam dan marbot masjid saat berdialog dengan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja di Gedung Oso Sport Center Tambun, Rabu (28/11) pagi.
Salah seorang perwakilan imam dan marbot masjid saat berdialog dengan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja di Gedung Oso Sport Center Tambun, Rabu (28/11) pagi.

Dana Bantuan Pembangunan Masjid Minta Kembali Digulirkan, Plt Bupati Bekasi: Ada Mekanismenya

BERITACKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Sejumlah imam dan marbot masjid di Kabupaten Bekasi mengeluhkan tidak adanya lagi dana bantuan yang diberikan pemerintah daerah untuk pembangunan masjid atau mushola di wilayah mereka.

Keluhan itu disampaikan oleh perwakilan imam dan marbot masjid saat berdialog dengan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja di Gedung Oso Sport Center Tambun, Rabu (28/11) pagi.

Menanggapi keluhan ini, Eka mengatakan bantuan dana hibah dari Pemerintah saat ini ada, namun terdapat aturan mainnya sehingga pemerintah tidak bisa sembarangan memberi bantuan apalagi yang bersumber dari APBD maupun APBN.

“Pemberian bantuan untuk mesjid atau mushola melalui dana hibah dari pemerintah di mungkinkan apabila sudah memiliki kekuatan badan hukum,” ujarnya.

Menurutnya, ada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) soal mekanisme pemberian bantuan dana hibah melalui Anggaran Pemerintah Belanja Daerah (APBD). Sepanjang masjid atau mushola yang mengajukan memiliki badan hukum sudah barang tentu Pemerintah bisa memproses pemberian bantuannya.

“Soal pemberian bantuan untuk pengajuan dana hibah sudah pasti Pemerintah Kabupaten Bekasi akan berpegang teguh pada mekanisme itu (Permendagri-red),”tuturnya

Jadi soal pemberian bantuan dana hibah,  sudah barang tentu mekanisme dan verifikasi akan menjadi landasan yang paling diutamakan. Sehingga, penyaluran bantuan berupa dana hibah untuk kepentingan mesjid dan mushola benar-benar sudah sesuai dengan aturan yang berlaku tadi.

“Minimal contoh yang berbadan hukum itu seperti Yayasan mesjid, tapi itu juga harus di verifikasi lagi,”tutupnya. (BC)

Baca Juga

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat membuka kegiatan pembinaan kepada Imam dan Marbot masjid se-Kabupaten Bekasi di Gedung Wibawa Mukti - Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin (18/03) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pembinaan Imam dan Marbot, Upaya Pemkab Bekasi Bangun SDM yang Beradab Lewat Masjid

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terus berupaya untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai …

Ketua Forum Pemuda Peduli Lingkungan (FPPL), Ahmad Sahili saat menunjukan ikan yang mati di sejumlah tambak milik warga di Kp. Sembilangan, Desa Samuderajaya Kecamatan Tarumjaya.

Plt Bupati Diminta Beri Sanksi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, BABELAN – Ketua Forum Pemuda Peduli Lingkungan (FPPL) Ahmad Sahili meminta Plt Bupati Bekasi, …