Covid-19 Belum Berakhir, Warga Diimbau Tetap Taat dan Disiplin Prokes

BERITACIKARANG.COM, CABANGBUNGIN – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir hingga memasuki tahun kedua virus berlabuh di Indonesia. Kendati kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi melandai, namun masyarakat diimbau tetap taat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kasus mulai melandai, tetapi Prokes harus tetap berjalan, jaga jarak, cuci tangan, pakai masker. Kalau masyarakat mengikuti itu, insya Allah dapat terhindar,” kata Direktur RSUD Cabangbungin, dr. Markenly.

Bacaan Lainnya

Menurutnya masyarakat tidak perlu panik atau takut, pada virus Covid-19, selama tetap mematuhi aturan protokol kesehatan saat beraktivitas, terutama memakai masker.

“Karena ini kan virus, melalui air liur, berarti melalui mulut. Berarti apa yang harus dijaga? Ya Masker. Kita juga mesti jaga kondisi badan dengan makan bergizi, dan istirahat yang teratur,” jelasnya.

Selain itu masyarakat juga harus mengikuti vaksinasi, jika perlu sampai vaksin ketiga (booster) sebagaimana yang dianjurkan pemerintah.

Dia melanjutkan, ada perbedaan kondisi kerentanan virus Covid-19, antara masyarakat perkotaan yang padat dengan masyarakat di pedesaan.

“Kalau masyarakat di perkotaan itu waktu berkumpulnya lebih sering, ketika sedang bekerja maupun saat makan bersama. Berbeda dengan masyarakat desa, khususnya para petani yang bekerja di sawah,” terangnya.

Sementara itu data terbaru dari website resmi Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi, pikokabsi.bekasikab.go.id, Selasa, 8 Maret 2022, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi mulai menunjukkan trend penurunan.

Tercatat jumlah kumulatif kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi sebanyak 81.048 orang. Dari jumlah itu, 77.976 orang sudah dinyatakan sembuh, 555 orang meninggal dunia dan kasus aktif sebanyak 2.517 orang. (dim)

Pos terkait