Buru Buaya di Kali CBL, Damkar Kabupaten Bekasi Siapkan Perangkap Khusus

Salah seorang petugas Damkar Kabupaten Bekasi saat tengah membuat perangkap khusus untuk menjerat buaya di Kali CBL.
Salah seorang petugas Damkar Kabupaten Bekasi saat tengah membuat perangkap khusus untuk menjerat buaya di Kali CBL.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi  menyiapkan perangkap khusus untuk menangkap buaya muara yang bekeliaran di aliran Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL), tepatnya di  RT 03/01 Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara sejak beberapa waktu lalu.

BACA: Petugas Damkar Kabupaten Bekasi Mulai Berburu Buaya di Kali CBL

Bacaan Lainnya

Komandan Regu Tim Evakuasi dan Penyelamatan di Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho menjelaskan perangkap khusus tersebut dibuat menggunakan batang pohon bambu dengan panjang 250 cm, lebar 80 cm dan tinggi 30 cm.

“Dalam penggunannya, buaya terlebih dahulu dipancing dengan bebek. Setelah buaya masuk dan menerkam bebek, penutup yang ada di ujung perangkap otomatis akan bergerak menutup. Cara kerjanya, hampir mirip dengan perangkap tikus,” kata Adhi Nugroho, Senin (21/01).

Rencananya, pekan ini perangkap itu akan dipasang petugas di dekat sarang buaya yang sudah teridentifikasi sebelumnya. “Perangkap sudah siap pakai dan minggu-minggu ini akan kita pasang di lokasi,” ungkapnya.

BACA: Ih Ngeri! Dua Ekor Buaya Masih Berkeliaran di Kali CBL

Selain mempersiapkan perangkap, Adhi juga mengatakan Damkar Kabupaten Bekasi sudah mempersiapkan tim yang akan membantunya dalam proses evakuasi buaya tersebut. “Ada 8 orang dan kita kerahkan juga tim logistik yang nantinya akan membantu kita selama proses evakuasi di lokasi. Mohon doa dan dukungan,” kata dia. (BC)

Pos terkait