Banjir rob yang menerjang wilayah Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong beberapa waktu lalu.
Banjir rob yang menerjang wilayah Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong beberapa waktu lalu.

Tersapu Rob, Pemkab Bekasi Upayakan Bantuan Bagi Petani Tambak Muaragembong

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Musibah banjir rob yang sempat merendam sebagian wilayah di Kecamatan Muaragembong beberapa waktu lalu menyebabkan ribuan hektar tambak warga tersapu banjir.

BACA: Banjir Rob Terjang Pesisir Kabupaten Bekasi

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi Agus Trihono mengatakan pihaknya akan mencoba berupaya untuk membantu revitalisasi dan rehabilitasi areal tambak warga di wilayah tersebut. “Kita akan upayakan,” kata dia, Kamis (18/06).

Berdasarkan laporan identifikasi sementara yang diterima dari Perhimpunan Petani Tambak Pantura (PPTP) Kecamatan Muaragembong, banjir akibat meningginya permukaan air laut itu telah merendam tambak warga dengan luas kurang lebih 1.950 hektar.

“Jumlah areal tambak yang terdampak itu tersebar di lima desa,” kata dia.

Adapun rinciannya, 400 hektare di Desa Pantai Mekar, 250 hektare di Desa Pantai Sederhana, 500 hektare di Desa Pantai Bahagia, 550 hektare di Desa Pantai Bakti dan 350 hektar di Desa Pantai Harapan Jaya.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar berharap agar Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bekasi segera memberikan solusi. Salah satu skema bantuan yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan bantuan benih dan pakan.

“Tetapi harus di-crosscheck terlebih dahulu data dilapangan terkait areal lahan tambak yang terdampak di lima desa tersebut. Karena bisa saja, areal tambak yang terdampak ternyata lebih luas,” tuturnya. (BC)

Baca Juga

banjir yang menggenangi akses jalan warga di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Senin (04/05) | Foto: Instagram @muaragembongkita

Citarum Meluap, Muaragembong Kembali Terendam Banjir

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG – Ditengah pandemi COVID-19, warga Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong kembali dilanda banjir. …

Camat Muaragembong Lukman Hakim bersama unsur Muspika dan aparatur Desa Pantai harapan Jaya saat meninjau kondisi Pintu Air Kali Cikarang yang tersumbat tumpukan sampah, Jum'at (17/04).

Kekeringan, Petani Muaragembong Tak Bisa Bercocok Tanam di Tengah Pandemi COVID-19

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG  – Areal persawahan yang ada di Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muaragembong saat …