Sukseskan Bulan Vitamin A, Dinkes Kabupaten Bekasi Ajak Orang Tua Bawa Balita Ke Posyandu

Ilustrasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi gencar menggalakkan bulan pemberian vitamin A. Dimana seluruh anak yang berusia enam bulan sampai 59 bulan akan mendapatkan vitamin A gratis di Posyandu atau Puskesmas.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Keluarga di Dinkes Kabupaten Bekasi, Supri Dinata mengatakan, pemberian kapsul vitamin A gratis dilakukan untuk menjaga kesehatan mata serta meningkatkan daya tahan tubuh bagi balita dalam melawan penyakit.

Bacaan Lainnya

“Acara Penyebaran informasi dan pemberian vitamin A akan dimulai pada tanggal 3 Agustus lokasinya di Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan. Sasarannya anak Balita usia 6 sampai 59 bulan,” kata Supri Dinata, Senin (30/07).

Kegiatan ini, sambungnya, merupakan program rutin Dinkes Kabupaten Bekasi. Selain di bulan Agustus, kegiatan serupa juga digalakan di bulan Februari. Dinkes Kabupaten Bekasi mengharapkan adanya partisipasi aktif dari kaum ibu dengan membawa buah hatinya ke posyandu terdekat.

“Vitamin A ini diberikan 1 tahun 2 kali yakni di bulan Februari dan Agustus,” ungkapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data WHO, diperkirakan terdapat 250 juta anak pra-sekolah di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin A. Setiap tahun terdapat sekitar 250.000 – 500.000 anak mengalami kebutaan dan separuh anak ini kemudian meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A. Di Indonesia program suplementasi vitamin A aktif dikampanyekan sejak 1970-an dan masih terus digalakkan hingga saat ini.

Vitamin A atau retinol adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak, di dalam tubuh disimpan di hati. Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan antibodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh. (BC)

Pos terkait