Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Dirwan Dachri.
Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Dirwan Dachri.

Soal Penolakan Harga Pembebasan Lahan Tol Cimanggis – Cibitung, Kepala BPN : Wajar

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Terkait dengan aksi penolakan oleh warga Desa Cijengkol, Kecamatan Setu terhadap harga tanah yang akan digunakan untuk proyek jalan tol Cimanggis – Cibitung, Kepala Kantor  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Dirwan Dachri mengatakan jika hal tersebut adalah wajar.

BACA : Proyek Tol Cimanggis – Cibitung : Warga Desa Cijengkol Minta Harga Rp. 5 Juta Per Meter

“Aksi itu ya haknya warga untuk merasa keberatan terhadap masalah ganti wajar ini. Saya rasa di sini sudah wajar masyarakat seumpamannya merasa keberatan. Dan kami akan menyalurkan kepada instansi yang membutuhkan tanah yaitu Pekerjaan Umum (PU),” kata dia, Selasa (02/08).

Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 dan PP Nomor 71 Tahun 2012, dikatakan Dirwan, yang menilai besarnya ganti wajar adalah Kantor KJPP independen. Adapun penialaian dilakukan baik secara fisik dan non fisik.

“Fisik itu tanaman, bangunan dan tanah. Non fisiknya itu juga dinilai, yaitu kenyamanan yang hilang, masa tunggu, transportasi dan BPHTB. Itu yang ditanggung pemerintah,” katanya.

Disinggung tentang besarnya harga yang sudah diberikan oleh KJPP independen, Dirwan mengatakan jika hal itu belum ditetapkan, baru sekedar dimusyawarahkan.

Ia pun mengaku akan mengundang sejumlah warga yang keberatan agar pihak KJPP menerangkan secara detil soal nilai ganti wajar tersebut pada Rabu, 03 Agustus 2016 di Kantor BPN Kabupaten Bekasi.

“Jadi saya minta kepada KJPP independen coba diterangkan kepada masyarakat nilai ini keluar dasarnya apa, bagaimana cara menilai tanah dan lain sebagainya,” kata dia.

Informasi yang BERITACIKARANG.COM dapatkan, di Desa Cijengkol sebanyak 249 bidang seluas 12,840 hektare tanah akan terkena pembebasan proyek pembangunan Tol Cimanggis – Cibitung.

Desa Cijengkol merupakan satu dari total 10 desa yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Bekasi yang akan dilalui lintasan Tol Cimanggis – Cibitung. Desa-desa itu diantaranya Desa Taman Rahayu, Taman Sari, Burangkeng, Cijengkol dan Lubang Buaya di Setu sementara di Cikarang Barat Desa  Telajung, Mekarwangi, Gandamekar dan Gandasari dan di Kecamatan Cibitung, Desa Cibuntu. (BC)

Baca Juga

Kepala Seksi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Agus Susanto saat menunjukan peta bidang pembangunan Tol Cimanggis - Cibitung seksi II di musyawarah ganti kerugian bersama masyarakat pemilik lahan di Kantor Desa Mekarwangi Kecamatan Cikarang Barat, Kamis (12/07).

BPN Kabupaten Bekasi: Pembebasan Lahan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi II Capai 61 Persen

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) mulai memasuki wilayah Kabupaten Bekasi. Sejumlah titik …

Polisi saat menunjukan barang bukti yang berhasil diamankan Satgas Saber Pungli berupa 75 buah sertifikat, 1 buah handphone, uang tunai Rp. 20 juta dan 1 buah dekoder CCTV, Jum'at (16/03) sore.

Kasus OTT di Kantor BPN Kabupaten Bekasi, Polisi Masih Kurang Alat Bukti

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Kepolisian Resort Metro Bekasi telah menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan …