Kepala Seksi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Agus Susanto saat menunjukan peta bidang pembangunan Tol Cimanggis - Cibitung seksi II di musyawarah ganti kerugian bersama masyarakat pemilik lahan di Kantor Desa Mekarwangi Kecamatan Cikarang Barat, Kamis (12/07).
Kepala Seksi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Agus Susanto saat menunjukan peta bidang pembangunan Tol Cimanggis - Cibitung seksi II di musyawarah ganti kerugian bersama masyarakat pemilik lahan di Kantor Desa Mekarwangi Kecamatan Cikarang Barat, Kamis (12/07).

BPN Kabupaten Bekasi: Pembebasan Lahan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi II Capai 61 Persen

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Pembangunan Tol Cimanggis-Cibitung (Cimaci) mulai memasuki wilayah Kabupaten Bekasi. Sejumlah titik telah dilakukan perataan jalan. Sementara itu, pembebasan lahan pada seksi II telah mencapai 61 persen.

BACA : Pembangunan Tol Cimanggis – Cibitung Mulai Merambah Kabupaten Bekasi

Kepala Seksi Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Agus Susanto mengatakan, Kabupaten Bekasi menjadi salah satu wilayah yang lahannya paling banyak digunakan untuk Tol Cimaci.

Tol melintasi delapan desa di dua kecamatan, yakni Setu dan Cikarang Barat. Berdasarkan hasil pemetaan, terdapat sekitar 2.500 bidang yang bakal digunakan tol. “Hingga hari ini, dari sekitar 2.500 bidang sudah 61 persen yang telah dibebaskan, rata-rata berada di Setu,” ucap Agus  saat menghadiri musyawarah ganti kerugian bersama masyarakat pemilik lahan di Kantor Desa Mekarwangi Kecamatan Cikarang Barat, Kamis (12/07).

Diungkapkan Agus, sebenarnya terdapat penambahan jumlah bidang yang dibebaskan. Penyebabnya, banyak bidang yang dimiliki lebih dari satu orang. “Sebagai contoh di Desa Mekarwangi ini, dari pemetaan awal itu ada 242 bidang, tapi saat verifikasi di lapangan bertambah menjadi 301 bidang. Ternyata satu bidang banyak yang dipecah kepemilikannya,” ucap dia.

Meskipun bertambah, lanjut Agus, seluruh kepemilikan tanah telah difasilitasi. Pembebasan lahan pun ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

“Akhir tahun ini ditargetkan pembebasan semua lahan rampung. Saat ini masih 61 persen, tapi jika Desa Mekarwangi dan Desa Gandamekar yang saat ini telah memasuki tahapan musyawarah rampung, maka persentasenya sudah 85 persen sehingga tinggal bidang-bidang kecil,” ucap Agus.

Untuk itu, lanjut dia, BPN kini tengah fokus pada musyarawah dengan warga pemilik lahan agar nilai ganti rugi dapat disepakati. “Kami kini tengah melakukan percepatan. Karena selain Tol Cimaci ini, kami tengah mengejar pembebasan lahan untuk Tol Cibitung-Cilincing dan juga Kereta Cepat Jakarta-Bandung,” ucapnya. (BC)

Baca Juga

Narapidana di Lapas Cikarang yang tergabung dalam Pasukan Merah Putih saat melakukan kegiatan 'Bedah Rumah' di Kp. Kp. Cilampayan, Desa Pasir Tanjung Rt 013/008 Desa Pasir Tanjung Kecamatan Cikarang Pusat, Sabtu (21/07) kemarin.

Napi di Lapas Cikarang Gulirkan Program ‘Bedah Rumah’

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Inovasi menjadi salah satu cara agar sebuah organisasi atau lembaga tetap …

error: