Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bekasi saat mengevakuasi satu dari enam sarang tawon predator yang dimusnahkan, Minggu (01/12) dinihari.
Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bekasi saat mengevakuasi satu dari enam sarang tawon predator yang dimusnahkan, Minggu (01/12) dinihari.

Sehari, Enam Sarang Tawon Predator Berhasil Dimusnahkan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Sebanyak enam sarang tawon predator jenis Vespa Affinis berhasil dimusnahkan oleh Tim Evakuasi dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Minggu (01/12).

“Permohonan warga untuk memusnahkan sarang tawon predator meningkat. Hal ini dikarenakan adanya informasi yang menyiarkan seorang anak kecil di daerah Kabupaten Garut dan seorang kakek di Kabupaten Tuban telah menjadi korban. Mereka meninggal dunia akibat disengat oleh koloni tawon tersebut,” kata Komandan Regu Tim Evakuasi dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho, Senin (02/12).

Ke 6 sarang tawon yang dimusnahkan oleh Tim Evakuasi dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi berada di pemukiman penduduk di sejumlah wilayah seperti di Kecamatan Cikarang Timur, Sukatani, Tambelang dan Babelan.

“Dalam pelaksanaan operasi pemusnahan sarang tawon predator itu, satu anggota Damkar terkena sengatan tawon di tangan hingga mengalami pembengkakan. Namun, semua sarang tawon itu semua akhirnya berhasil dimusnahkan. Proses pemusnahan dilakukan dari jam 5 sore hingga setengah dua dini hari,” tuturnya.

Adhi mengatakan banyaknya koloni tawon predator yang bersarang di pemukiman warga salah satunya disebabkan karena maraknya alih fungsi lahan dari pertanian menjadi pemukiman atau industri di Kabupaten Bekasi. “Faktor dominan itu penyebabnya dan biasanya terjadi saat peralihan dari musim hujan ke musim panas,” tutupnya. (BC)

Baca Juga

Pemeriksaan speciment COVID-19 dengan metode swab dengan alat PCR di UPTD Labkesda Kabupaten Bekasi | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pasien COVID-19 Naik Terus, PSBB Kabupaten Bekasi Kembali Diperpanjang Hingga 14 Hari

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Bersakala Besar …

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka pemberian arahan dan diskusi terkait penanganan COVID-19 di Gedung Swantra Wibawa Mukti Kompleks Perkantoran Pemkab Bekasi, Selasa (12/05).

Mendagri Minta Bekasi dan Karawang Buat Terobosan Penanganan COVID-19

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Kota …