Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bekasi saat mengevakuasi satu dari enam sarang tawon predator yang dimusnahkan, Minggu (01/12) dinihari.
Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bekasi saat mengevakuasi satu dari enam sarang tawon predator yang dimusnahkan, Minggu (01/12) dinihari.

Sehari, Enam Sarang Tawon Predator Berhasil Dimusnahkan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Sebanyak enam sarang tawon predator jenis Vespa Affinis berhasil dimusnahkan oleh Tim Evakuasi dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Minggu (01/12).

“Permohonan warga untuk memusnahkan sarang tawon predator meningkat. Hal ini dikarenakan adanya informasi yang menyiarkan seorang anak kecil di daerah Kabupaten Garut dan seorang kakek di Kabupaten Tuban telah menjadi korban. Mereka meninggal dunia akibat disengat oleh koloni tawon tersebut,” kata Komandan Regu Tim Evakuasi dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Adhi Nugroho, Senin (02/12).

Ke 6 sarang tawon yang dimusnahkan oleh Tim Evakuasi dan Penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi berada di pemukiman penduduk di sejumlah wilayah seperti di Kecamatan Cikarang Timur, Sukatani, Tambelang dan Babelan.

“Dalam pelaksanaan operasi pemusnahan sarang tawon predator itu, satu anggota Damkar terkena sengatan tawon di tangan hingga mengalami pembengkakan. Namun, semua sarang tawon itu semua akhirnya berhasil dimusnahkan. Proses pemusnahan dilakukan dari jam 5 sore hingga setengah dua dini hari,” tuturnya.

Adhi mengatakan banyaknya koloni tawon predator yang bersarang di pemukiman warga salah satunya disebabkan karena maraknya alih fungsi lahan dari pertanian menjadi pemukiman atau industri di Kabupaten Bekasi. “Faktor dominan itu penyebabnya dan biasanya terjadi saat peralihan dari musim hujan ke musim panas,” tutupnya. (BC)

Baca Juga

Tim Evakuasi dan Penyelematan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi saat melakukan pencarian keberadaan anak ular cobra di salah satu pabrik di Kawasan Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara beberapa waktu lalu. Sedikitnya, 7 ekor anak kobra dengan panjang 30-40 cm berhasil dievakuasi petugas dan pegawai pabrik setempat.

Marak Alih Fungsi Lahan, Ular Kobra Ancam Warga Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Bulan November hingga Januari disebut-sebut menjadi musimnya ular menetas, termasuk ular …

Kepala Kepolisian Sektor Pebayuran, AKP Asep Romli saat gelar perkara kasus penipuan lowongan kerja lewat media sosial dan menunjukan barang bukti berupa surat lamaran yang dilayangkan kepada para pencari kerja, Senin (09/12) sore.

Polsek Pebayuran Bongkar Penipuan Lowongan Kerja Lewat Media Sosial

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN  – Jajaran anggota Kepolisian Sektor Pebayuran berhasil mengungkap kasus penipuan berkedok lowongan pekerjaan …