PMI Kabupaten Bekasi Kehabisan Stok Darah Plasma Konvalesen

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG  – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi kehabisan stok darah plasma konvalesen.

Stok darah dari penyintas Covid-19 itu kosong akibat tingginya permintaan usai terjadi lonjakan  kasus pasca mudik Lebaran 2021.

Ketua PMI Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih, mengatakan saat ini ketersediaan stok darah plasma konvalesen kosong alias tidak ada sama sekali. Hal itu akibat terjadinya lonjakan permintaan pihak rumah sakit untuk pasien Covid-19.

Plasma konvalesen ini terbukti efektif sebagai salah satu upaya penyembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Maka itu banyak permintaan, ditambah kasus lagi melonjak sehingga permintaan plasa konvalesen itu meningkat,” kata Ahmad Kosasih, Rabu (16/06).

Ia mengungkapkan permintaan plasma konvalesen sekurangnya 50 sampai 75 setiap harinya dari pihak rumah sakit saat terjadi lonjakan sekarang ini.

Sebelum libur lebaran, permintaan plasma konvalesen hanya 10-20 saja tiap harinya.

“Jadi sudah mah yang pendonornya jarang karena engga bisa sembarangan, saat ada peningkatan kasus permintaan juga meningkat sehingga ya habis stoknya,” ungkap dia.

PMI Kabupaten Bekasi berharap masyarakat pasien Covid-19 yang telah sembuh atau penyintas Covid-19 untuk ikut menyumbang dan mendonorkan darahnya, dalam rangka membantu stok persediaan darah plasma konvalesen.

Darah yang terkumpul akan dimanfaatkan seluruhnya bagi para pasien yang sedang membutuhkan.

“Kami menghimbau, mengajak pada masyarakat penyitas Covid-19, bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 yang membutuhkan. Dengan menyumbangkan plasma konvalesen sangat membantu kesembuhan pasien Covid-19 yang sedang berjuang untuk sehat,” tandasnya.

PMI Kabupaten Bekasi sejak lama telah membuka pelayanan donor plasma konvalesen.

Ada tiga unit alat donor plasma konvalesen yang tersedia di PMI Kabupaten Bekasi, alat itu sudah memenuhi syarat atau standar yang ada di Indonesia.

Selain penyintas Covid-19, persyaratan pendonor plasma konvalesen sangat ketat. Seluruh kondisi kesehatan skrining, bebes HIV, tekanan darah harus tinggi, kekentalan darah juga harus baik, lalu diutamakan laki-laki. (BC)