Peringati Hari Kemerdekaan RI, Komunitas Ini Bersih-Bersih Kali Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Memperingati hari kemerdekaan RI ke 75,  Komunitas Save Kali Cikarang menggagas aksi bersih-bersih Kali Cikarang bersama seribu relawan dari 90 kamunitas di Hutan Bambu, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat.

Asmui Setiawan, perwakilan relawan yang berasal dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Bekasi mengatakan, kegiatan aksi bersih-bersih yang digagas komunitas Save Kali Cikarang bertujuan bertujuan mengembalikan kelestarian serta kebersihan air sungai yang ada di wilayah kabupaten Bekasi.

“Dalam aksi kali ini kami menurunkan 13 orang relawan kami, yang terbagi dua yaitu di air dan didarat. Kami kumpulkan sampah plastik yang ada dibantaran kali Cikarang,” katanya.

Aksi yang diberi nama Gerakan 1000 Relawan Memerdekakan Kali Cikarang tersebut, dimulai dengan upacara memperingati HUT RI ke 75 di lingkungan hutan bambu, kemudian dilanjutkan melaksanakan kegiatan menyusuri kali Cikarang sepanjang 2,5 km guna memungut sampah plastik yang ada.

Para peserta aksi sempat dikejutkan dengan kehadiran Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. Dalam kunjungan mendadak tersebut, Bupati Eka masih mengenakan seragam dinas berwarna putih dan sempat menyusuri kali Cikarang menggunakan perahu karet.

Eka mengatakan, Pemkab Bekasi akan selalu mendukung aksi dari komunitas ini untuk membersihkan Kali Cikarang. Dia berharap, aksi bersih-bersih Kali Cikarang ini bisa menjadi motivasi untuk menumbuhkan, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan wilayah Kabupaten Bekasi.

“Langkah kongkrit dari kami Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membeli peralatan pengeruk sampah guna memudahkan pemantauan volume sampah khususnya yang ada di Kali Cikarang,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Tim SAR Gabungan saat melakukan upaya pencarian korban hilang diduga tenggelam di Kali Cikarang, Senin (20/04) siang.

Mancing di Pintu Air Kali Cikarang, Warga Pasir Limus Hilang Diduga Tenggelam

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Seorang pemuda berinisial RH (28) dilaporkan hilang saat memancing di jembatan …

Camat Muaragembong Lukman Hakim bersama unsur Muspika dan aparatur Desa Pantai harapan Jaya saat meninjau kondisi Pintu Air Kali Cikarang yang tersumbat tumpukan sampah, Jum'at (17/04).

Kekeringan, Petani Muaragembong Tak Bisa Bercocok Tanam di Tengah Pandemi COVID-19

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG  – Areal persawahan yang ada di Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muaragembong saat …