Pemkab Bekasi Perbaiki 120 Sekolah Rusak Tahun 2023

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang akan memperbaiki 120 titik bangunan sekolah rusak atau kritis pada 2023 mendatang. Bangunan sekolah yang akan diperbaiki mulai PAUD, SD hingga SMP negeri.

“Itu rencana yang masuk proyek strategis daerah di Dinas Cipta Karya. 120 titik bangunan sekolah kritis yang akan diperbaiki di tahun 2023 dengan pagu anggaran sekitar Rp192 miliar,” kata Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra, Senin (21/02).

Bacaan Lainnya

Rencana perbaikan sekolah rusak di Kabupaten Bekasi ini akan terus dilakukan di tahun-tahun berikutnya hingga 2026. Untuk jumlah titik bangunan yang akan diperbaiki serta pagu anggarannya pun sama.

“Pagu anggarannya kalau di tahun ini sekitar Rp192 miliar, perbaikan sekolah kritis ini sampai 2026 dengan jumlah yang akan diperbaiki 120 titik tiap tahun,” ujarnya.

Salah satu bangunan sekolah yang memerlukan perbaikan di antaranya SMPN 1 Cabangbungin Kabupaten Bekasi. Sekolah ini kondisinya rusak parah hingga ambruk di bagian atapnya.

Semula sekolah ini akan diperbaiki pada 2023 mendatang. Namun kata Beni, kemungkinan sekolah itu akan diperbaiki di tahun ini menggunakan anggaran perubahan.

“Kita belum survei ke sana, tapi mudah-mudahan memungkinkan (perbaikannya) di 2022,” ucap Beni.

Untuk tahun ini kata Beni, perbaikan sekolah rusak akan dimulai akhir April atau awal Mei mendatang.

“Saat ini masih proses lelang, pertengahan April kemungkinan proses lelang selesai, sehingga akhir bulan (April) atau awal bulan Mei sudah bisa dikerjakan,” katanya.

Beni berharap dengan adanya surat edaran Bupati Bekasi tentang percepatan pengadaan barang dan jasa, pembangunan sekolah bisa terealisasi dengan baik dan bisa cepat diraskan masyarakat. (ist)

Pos terkait