Pemkab Bekasi Gelar Festival Produk Olahan Perikanan dan Keramba Jaring Apung

Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Festival Produk Olahan Hasil Perikanan dan Keramba Jaring Apung di Sukasari, Serang Baru.
Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Festival Produk Olahan Hasil Perikanan dan Keramba Jaring Apung di Sukasari, Serang Baru.

BERITACIKARANG.COM, SERANG BARU – Sebagai upaya untuk menggenjot produk olahan perikanan di wilayahnya, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Festival Produk Olahan Hasil Perikanan dan Keramba Jaring Apung. Kegiatan ini digelar selama dua hari di Perumahan Telaga Harmoni, Desa Sukasari, Kacamatan Serangbaru tanggal 22 dan 23 November 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi  mengatakan kegiatan ini menjadi salah satu upaya pemerintah daerah dalam memberikan dukungan dan ruang kepada pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produk unggulan, salah satunya produk olahan hasil perikanan.

Bacaan Lainnya

BACA: Pengolahan Ikan Pindang di Cabangbungin Topang Ekonomi Warga

“Kalau kita bisa memberi ruang kepada UMKM, tentunya perekonomian di Kabupaten Bekasi semakin menggeliat dan memperkuat eknomi kita,” kata  Dedy Supriyadi  usai membuka Festival Produk Olahan Hasil Perikanan dan Keramba Jaring Apung.

Melalui kegiatan ini, Dedy juga berharap masyarakat semakin mengenal dan menggemari produk olahan berbagai jenis ikan. Terlebih hal ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mencegah stunting di wilayahnya.

“Dengan mengkonsumsi ikan tentunya dapat meningkatkan asupan vitamin baik ibu hamil dan anak-anak, sehingga stunting di Kabupaten Bekasi dapat dicegah,” ucapnya.

Dia pun berharap kegiatan tersebut dapat berlanjut tidak hanya di Desa Sukasari tetapi di wilayah-wilayah lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi dengan mengoptimalkan keberadaan danau, situ atau embung yang ada di lingkungan pemukiman warga.

“Perumahan yang ada danau, situ atau embung bisa untuk budidaya ikan termasuk jaring apung. Kalau bisa di tiap-tiap kecamatan ada kampung-kampung ikan, yang lebih spesifik misalnya kampung mujair, kampung lele dan lain sebagainya,” kata dia.

BACA: Kabupaten Bekasi Tingkatkan Produksi Ikan 7.500 Ton Per Tahun

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Iman Santoso mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan Gemar Makan Ikan yang sebelumnya digelar di Gedung Juang Tambun Selatan.

“Kegiatan kali ini kita fokus pada kegiatan UMKM olahan pangan ikan dengan panen keramba jaring apung yang bertujuan untuk lebih menstimulan tangkapan ikan air tawar seperti ikan nila, patin, lele di wilayah Kabupaten Bekasi,” kata dia.

Selain itu juga untuk mengajak masyarakat agar tertarik makan ikan, karena ikan ternyata juga bisa diolah untuk menghasilkan produk makanan olahan yang menarik, lezat dan bergizi. “Seperti bakso ikan, pempek, dendeng, abon, sosis, stik krispy dan lain sebagainya,” kata dia. (ADV)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait