Pemkab Bekasi Angkut Tumpukan Sampah di Kali Busa

Alat berat ikut dikerahkan untuk mengangkut tumpukan sampah yang memenuhi Kali Busa, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kamis (01/08) | Foto: Humas Pemkab Bekasi
Alat berat ikut dikerahkan untuk mengangkut tumpukan sampah yang memenuhi Kali Busa, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kamis (01/08) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

BERITACIKARANG.COM, BABELAN – Pemerintah Kabupaten Bekasi melancarkan aksi keroyok sampah yang memenuhi Kali Busa di Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan.  Sebanyak 50 ton sampah di kali tersebut telah berhasil diangkut dan dipindahkan ke TPA Burangkeng.

BACA: Eka Instruksikan Camat dan Kepala Desa Tangkap Warga yang Buang Sampah Sembarangan

“Hari ini kita sudah pindahkan sampah yang mengeras atau padat di saluran Kali Busa,” kata Kabid Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto, Kamis (01/08).

Menurut Dodi, pihaknya mengerahkan 23 unit mobil angkutan sampah dan ratusan petugas dari UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah I, II dan III Bidang Kebersihan DLH Kabupaten Bekasi dibantu aparat TNI dan Polri.

“Pengangkutan sampah akan dilakukan selama tiga atau empat hari kedepan karena banyaknya volume sampah yang menumpuk di kali tersebut,” tuturnya.

Apalagi, sambungnya, pembersihan sampah di sepanjang Kali Busa terkendala oleh banyaknya bangunan liar di sekitar kali tersebut.

Kepala Bidang Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) di Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir mengakui alat berat yang diturunkan pihaknya tidak bisa bekerja secara maksimal mengeruk sampah. “Karena memang banyak bangunan liar di sepanjang kali yang bangunannya menjorok ke sepadan sungai,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta (PJT) dan Satpol PP Kabupaten Bekasi. “Saya akan koordinasi, apabila sudah clear, mungkin kita sudah bisa action. Kita hanya mensupport kegiatan hari ini saja,” tutupnya. (BC)

Pos terkait