omah buruh
omah buruh

Omah Buruh Siap dipindah, Jembatan MM2100 – EJIP Bakal Dibuka Dua Jalur

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Dua jalur jembatan yang menghubungkan dua kawasan industri yakni MM2100 dan East Jakarta Industrial Park (EJIP) bakal dapat digunakan sepenuhnya. Satu jalur jembatan yang sebelumnya menjadi Omah Buruh akan segera dibuka. Rencananya, rumah aspirasi buruh itu bakal dipindah ke Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat.

BACA : Soal Pengosongan Omah Buruh, Ini Kata Obon Tabroni

Perwakilan Konsulat Cabang FSPMI Bekasi, Amier Mahfouz memastikan, keberadaan Omah Buruh tidak dimaksudkan untuk mengambat pembangunan. Namun, karena jembatan yang dibangun itu tidak kunjung digunakan sehingga buruh berinisiatif membangun tempat sederhana yang menjadi sarana pendidikan buruh.

“Awalnya Omah Buruh itu kan fasilitas milik pemerintah yang terabaikan sehingga akhirnya kita manfaatkan. Dulu saat kita bersihkan itu kan banyak kondom, sekaligus berpotensi jadi ajang kejahatan karena gelap dan lain sebagainya. Alhamdulillah, setelah kita manfaatkan jalur itu jadi rame wabil khusus yang melintas melalui eretan,” ucapnya.

BACA : Uji Coba, Jembatan Penghubung Kawasan MM2100 – EJIP Kini Bisa dilalui

Terkait dengan rencana dibukanya jembatan, Amier memastikan, pihaknya siap memindahkan Omah Buruh. Bahkan rencana pemindahan ini pun telah dikomunikasikan dengan DPRD Kabupaten Bekasi. Selanjutnya, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda) Kabupaten Bekasi.

“Kita sudah lihat lahannya di Cicau dan konsepnya bukan hanya untuk satu atau dua Serikat Pekerja tetapi juga untuk seluruh Serikat Pekerja yang ada di Kabupaten Bekasi. Kalau Omah Buruh yang dijembatan itukan identik dengan FSPMI padahal nggak juga,” ucapnya.

Jika sudah dibangun, sambungnya, rumah aspirasi buruh itu rencananya akan memiliki ruang pertemuan, ruang belajar bagi buruh, ruang pelatihan ataupun BLK. “Konsep detailnya seperti apa nanti akan kita bahas bersama rekan-rekan dari Serikat Pekerja lainnya,” kata dia. (BC)

Baca Juga

omah buruh

Soal Relokasi Omah Buruh, FSPMI Tegaskan Belum Ada Kesepakatan dengan Bupati

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Bekasi …

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja bersama Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi membahas aksesibilitas kawasan industri. Bertempat di Ruang Rapat Bupati, Cikarang Pusat, Kamis (06/02) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi Akan Relokasi Omah Buruh

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi berencana untuk merelokasi ‘Omah Buruh’. Hal itu dilakukan …