Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cikarang Nurifansyah memberikan pemaparan program Pandawa kepada para wartawan.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cikarang Nurifansyah memberikan pemaparan program Pandawa kepada para wartawan.

Buka Pelayanan Whatsapp, BPJS Kesehatan: Ngantri di Kantor Cabang Sudah Gak Jaman!

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mulai membuka pelayanan administrasi via aplikasi whatsApp. Saluran baru ini dibuka untuk membatasi jumlah antrian di kantor cabang.

Sekarang, warga Kabupaten Bekasi  dapat menghubungi BPJS Kesehatan Cabang Cikarang via WA ke nomor 081386663332 untuk mendapatkan pelayanan.

“Jadi ini namanya pelayanan administrasi melalui whatsapp atau jika disingkat menjadi Pandawa,” kata Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Cikarang, Nurifansyah, Rabu (02/09).

Pelayanan melalui WA ini dibuka untuk meminimalisir kontak fisik sehingga turut membantu mencegah penyebaran covid-19. “Karena kan dengan Pandawa ini, pelayanan yang kami dlakukan tanpa melalui tatap muka. Sehingga lebih nyaman dan aman,” ucap dia.

Setidaknya terdapat sepuluh layanan dengan kode berbeda yang dibuka melalui WA. Kesepuluh layanan itu yakni pendaftaran baru (A), penambahan anggota keluarga (B), pendaftaran bayi baru lahir (C), perubahan segmen (D), perubahan identitas (E).

Lalu perubahan gaji golongan (F), perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama (G), penonaktifan peserta meninggal (H), perbaikan data ganda (I), dan pengaktifan kembali kartu peserta (J).

“Kemudian warga yang hendak mengurus BPJS Kesehatan melalui WA dapat menggunakan format yaitu nama pelapor spasi nama peserta spasi nomor kartu atau KTP nomor HP dan kode layanan. Misalnya perubahan identitas berarti kodenya E, pendaftaran bayi baru lahir kodenya H dan seterusnya,” ucap dia.

Menurut Ifan, layanan ini mulai dibuka sejak Agustus lalu dan mulai banyak digunakan oleh para peserta. “Hitungannya dari jumlah peserta yang kami layani di kantor itu biasanya sampai sekitar 200 orang lebih. Sekarang paling hanya 60-70 orang, sisanya pakai yang pandawa itu,” ucap dia.

Seluruh pengajuan melalui WA ini nantinya akan dilayani oleh petugas di kantor. Setiap pengajuan akan diarahkan hingga selesai pada hari yang sama. “Jadi seluruh administrasinya selesai hari itu juga. Namun pelayanan WA-nya sesuai jam kerja dari jam 8 pagi sampai 3 sore. Kalau lebih dari jam segitu ya dilayani keesokan harinya,” ucap dia.

Ifan menambahkan, layanan via WA ini melengkapi pelayanan jarak jauh lainnya. Sebelumnya, BPJS Kesehatan pun memiliki aplikasi android Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center via telepon 1500-400.

“Namun karena banyak yang minta yang lebih sederhana via WA, jadi dibuka layanan via WA,” ucap dia. (BC)

Baca Juga

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pemkab Bekasi Butuh Tambahan Rp. 79 Milyar

BERITACIKARANG.COM.COM, CIKARANG PUSAT – Iuran BPJS Kesehatan dipastikan naik 100%. Hal itu tertuang dalam Peraturan …

BPJS Kesehatan

Biaya Ditanggung Pemerintah, Kades dan Perangkat Desa di Kabupaten Bekasi Bakal Dilindungi BPJS Kesehatan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – BPJS Kesehatan Cabang Cikarang terus mensosialisasikan implementasi Peraturan Presiden (Perpres) nomor …