Atasi Masalah TPS Liar, Pemkab Bekasi Siapkan Kontainer Sampah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Praktek buang sampah sembarangan masih terjadi di Kabupaten Bekasi kendati lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar tersebut telah ditutup. Untuk mensiasatinya, Pemerintah Kabupaten Bekaksi akan menempatkan kontainer bak sampah guna menampung sampah warga.

Demikian disampaikan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai turun langsung bergotong royong membersihkan tumpukan sampah liar pada sebidang lahan di Kp. Gemalapik, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan pada Jum’at (04/11).

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan tempat yang sudah lama dijadikan tempat pembuangan sampah liar dan sebelumnya telah ditutup. Tetapi masih banyak yang membuang sampah ke sini, warga sekitar, warga yang lewat, sengaja membuang sampah pakai motor dan ada juga dari pedagang,” kata Dani Ramdan.

Dani berharap, permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi dapat ditanggulangi dengan menyediakan kontainer bak sampah yang akan ditempatkan di berbagai titik startegis yang selama ini menjadi tempat pembuangan sampah liar.

“Kita  juga akan sampaikan ke pemilik lahan terkait kontainer tersebut karena memang situasi seperti ini, di tutup juga susah karena pemilik lahan juga membiarkan,” jelasnya.

Selain itu, Dani juga juga meminta  kepada warga untuk bisa meningkatkan kesadaran dengan tidak membuang sampah sembarangan dan berperilaku peduli akan lingkungan. Menurutnya, lingkungan yang kotor tentu tidak akan baik dari sisi keindahan (estetika) maupun kesehatan. Perilaku membuang sampah sembarangan harus diubah dengan membuang sampah pada tempatnya dan alangkah lebih baik lagi bila sampah tersebut dipilah dari rumah dan bisa dimanfaatkan sehingga bisa memiliki nilai ekonomis.

“Semua ingin bersih sampah dari rumahnya. Namun agar bersih caranya bukan dengan membuang sampah dimana saja. Nanti kita sediakan kontainer maka buanglah pada kontainer sesuai jadwal yang diterapkan, Jangan nanti kontainernya tidak ada membuang sampahnya sembarangan. Jadi harus tepat waktu disiplin,” kata Dani Ramdan. (dim)

Pos terkait