Salah seorang warga saat melintasi jembatan sementara yang terbuat dari batang pohon kapuk dan bambu, Rabu (09/01).
Salah seorang warga saat melintasi jembatan sementara yang terbuat dari batang pohon kapuk dan bambu, Rabu (09/01).

100 KK Terisolir, Warga Cikarang Pusat Minta Deltamas Perbaiki Jembatan Ambruk

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebuah jembatan yang berdiri di atas saluran irigasi milik Deltamas tepatnya di Kp. Sukasari RT 02/04 Desa Pasir Ranji Kecamatan Cikarang Pusat ambruk akibat diterjang banjir.

Akibatnya, ada 100 Kepala Keluarga (KK) di wilayah tersebut terancam terisolir. Sebab, jembatan yang dibangun sekitar satu tahun lalu dan menjadi satu-satunya akses transportasi warga hingga kini tak kunjung diperbaiki.

Ketua RW 04 Desa Pasir Ranji Kecamatan Cikarang Pusat , Endang (50) mengatakan jembatan tersebut ambruk sekitar bulan November 2018 lalu. “Iya ini akses satu-satunya warga makanya sambil menunggu perbaikan warga membuat jembatan sementara,” ucapnya, Rabu (09/01).

Warga, diakuinya, sudah mendesak pihak Deltamas untuk segera memperbaikinya jembatan tersebut. Sayangnya, hingga kini desakan warga tak kunjung terealisasi. “Kalau dulu sih enggak ada jembatan ini tetapi karena Deltamas bikin saluran irigasi akhirnya dibangun jembatan untuk akses warga sini. Tetapi belum setahun sudah ambruk,” kata dia.

Jembatan sementara yang dibangun warga, kata Endang, dibuat hanya menggunakan batang pohon kapuk dan bambu. Jembatan sementara itupun diakuinya sudah berkali-kali rusak. Sementara, saluran irigasi yang dibangun juga rentan longsor karena terkesan dibuat asal-asalan tanpa Tembok Penahan Tanah (TPT).

“Hari ini kondisinya makin parah. Makanya kami berharap segera ada perbaikan jembatan untuk kemudahan akses transportasi bagi warga. Jangan kayak terisolir seperti ini,” kata Endang.

Sementara salah seorang warga, Cahya (45) menuturkan sebelum ada Deltamas, akses transportasi dari pemukiman warga khususnya menuju kantor Kecamatan Cikarang Pusat ada dua. Tapi saat ini sudah ditutup oleh pihak pengembang, sehingga jembatan yang putus menjadi satu – satunya akses warga.

“Harapan kami tidak ada yang lain kecuali ada pembangunan jembatan. Dan kita juga akan mempertahankan kampung, sebab tanah ini peninggalan nenek moyang kami,” cetusnya. (BC)

Baca Juga

Tersangka HA dan DY saat diamankan Unit Reskrim Polsek Cikarang Pusat.

Maling Besi Penyangga Pipa PGN di Cikarang Pusat Tertangkap, Penadah Dibekuk

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Seorang pria berinisial HA, pelaku pencurian besi penyangga pipa gas milik …

AG (28) saat diamankan oleh anggota unit Reskrim Polsek Cikarang Timur di PT Armas Logistik Service di Jl. Raya Tegal Danas, Kp. Kandang Gereng RT 01/06 Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat pada Sabtu (27/07) dinihari sekitar pukul 00.30 WIB.

Ditangkap Polisi, Oknum Security Perusahaan Ekspedisi di Cikarang Pusat Ini Ngaku Pakai Ganja Biar Kuat

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Seorang pria berinisial AG (28) diringkus anggota Unit Reskrim Polsek Cikarang …