Pengangguran Terbuka di Kabupaten Bekasi Turun Satu Digit

Ilustrasi: Sablon salah satu peluang bisnis UMKM anak muda di Kabupaten Bekasi
Ilustrasi: Sablon salah satu peluang bisnis UMKM anak muda di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Angka pengangguran terbuka di Kabupaten Bekas mengalami penurunan. Berdasarkan hasil penghitungan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat per Agustus 2023, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bekasi sebesar 8,87 persen. Angka ini turun 1,44 persen dibanding periode sebelumnya yang mencapai 10,31 persen.

BACA: Sakernas Bantu Ungkap Angka Pengangguran di Kabupaten Bekasi

Bacaan Lainnya

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengaku bersyukur atas penurunan angka pengangguran ini. Menurut dia, penurunan dihasilkan atas kerja keras semua yang fokus pada penyerapan tenaga kerja.

“Alhamdulillah, ternyata proses tidak mengkhianati hasil, jadi dengan upaya kita melalui berbagai cara berbagai strategi yang kita kembangkan tahun ini. Menurut berita BPS, angka pengangguran turun dari dua digit sekarang satu digit,” kata Dani Ramdan, Kamis (16/11).

Menurunnya angka pengangguran saat ini membuka tren positif bagi Kabupaten Bekasi. Bahkan tingkat pengangguran terbuka ini menjadi yang terendah sejak sembilan tahun lalu.

Berdasarkan catatan BPS, terakhir kali angka pengangguran berada di bawah 8 persen yakni pada 2014 lalu. Ketika itu, tingkat pengangguran mencapai titik terbaik dengan angka 6,79 persen. Namun setelah itu, tingkat pengangguran terus meroket hingga puncaknya pada 2020 lalu yang mencapai 11,54 persen.

Setelah itu, tingkat pengangguran ini naik turun hingga akhirnya berhasil kembali pada satu digit angka di tahun ini.

Dani menilai, penurunan angka pengangguran dihasilkan dari meningkatnya jumlah wirausahawan baru. Dalam dua tahun terakhir, sedikitnya tumbuh 7.000 UMKM baru yang tidak hanya meningkatkan ekonomi mikro namun juga menyerap tenaga kerja.

“Kalau misalkan satu UMKM menyerap lima tenaga kerja kan lumayan, apalagi ini 7.000 UMKM bisa lah mengurangi pengangguran,” kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat ini.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah mengapresiasi kinerja pemerintah daerah yang mampu menekan angka pengangguran. Dia berharap keberhasilan ini dapat terus dipertahankan dengan terus menyerap tenaga kerja lokal.

“Apresiasi kami untuk eksekutif dalam hal ini pemerintah daerah dan Pak Pj Dani yang berhasil menekan angka pengangguran. Karena memang sangat fokus pada hal ini jadi keberhasilannya nyata. Kinerja ini patut diapresiasi,” ucap dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait